Nanti Bandara Silampari Bisa Tampung Enam Pesawat

Nanti Bandara Silampari Bisa Tampung Enam Pesawat

Bandara Silampari Lubuk Linggau Sumsel.--

SUMEKS.CO, LUBUKLINGGAU - Tempat parkir pesawat (Apron) Bandara Silampari, Kota Lubuklinggau, Sumsel, nanti bisa tampung enam pesawat. 

Peningkatan kapasitas apron tersebut menyusul akan dilakukanya perluasan apron menjadi 6.000 meter persegi.

“Insya Allah 1 Agustus Saya akan audensi kepada Pak Menhub. Karena Kita bersyukur, Apron kita tahun ini dikembangkan ditambah lagi 6.000 meter persegi,” kata Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe.

Menurut Nanan – sapaan H SN Prana Putra Sohe - ada tiga pesawat yang bisa standby. Sekarang ditambah lagi kurang lebih lima atau enam pesawat.

BACA JUGA:Dinkes Lubuklinggau Kembali Gencarkan Vaksinasi Booster

“Saya berharap, karena pengembangan ini baru tahap 1, nanti tahap 2 bisa dilanjutkan lagi untuk 6.000 meter persegi lagi ke depan,” ungkapnya. 

Nanan menjelaskan, nanti ada taxiway (jalan yang menghubungkan antara Apron dan landas pacu). Sehingga pesawat di Bandara Silampari Lubuklinggau bisa parkir sampai kapasitas enam pesawat.

“Jadi kalau itu sudah diperpanjang, Apron sudah lebar, maka insya Allah juga tahun depan ini kerjasama dengan Bank Sumsel kita ada aset yang di rislah dari Bank Sumsel, itu akan dibangun asrama haji. Jadi asrama haji di dekat bandara kita akan bangun,”jelasnya.

Ia juga berharap agar tahun depan dapat dibantu untuk perpanjangan bandara oleh Menteri Perhubungan (Menhub). Sebab ada sembilan daerah terdekat yang memanfaatkan Bandara Silampari Lubuklinggau.

BACA JUGA:Puncak Musim Durian di Lubuklinggau Diperkiralan Awal Agustus

Pengembangan tersebut kata Nanan, kalau Apron sudah dilebar, bandara sudah diperpanjang, asrama haji sudah ada, maka kita bisa saja sebagai embarkasi haji kedepannya.

Sejauh ini progres pengerjan Apron di Bandara Silampari sudah baik sesuai dengan pelaksanaannya. Mulai pembebasan lahannya sudah clear. Bahkan bukan 6.000 meter persegi, malah dua hektar.

“Jadi untuk pengembangan ke depan juga tinggal uangnya lagi ngucur, pembebasan lahan oleh pemerintah kota,”Ia menambahkan.

Sedangkan untuk perpanjangan Bandara Silampari hingga 2.500 meter, sekarang secara fisik 2.280 meter yang sudah tersedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: