Herman Deru Berharap PWI Tetap Menjaga Kualitas dan Independensi

Herman Deru Berharap PWI Tetap Menjaga Kualitas dan Independensi

Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama sejumlah pejabat saat peringatan HUT PWI ke-77 di Kota Lubuklinggau, Sabtu, 5 Agustus 2023.--dok : sumeks.co

LUBUK LINGGAU, SUMEKS.CO - Harapan besar disampaikan Gubernur  Sumsel, H Herman Deru dalam Seminar Nasional Peringatan HUT ke-77 Persatuan Wartawan Indonesia atau Hari Pers Nasional di Hotel Grand Zuri, Kota  Lubuk Linggau, Sabtu, 5 Agustus 2022.

Herman Deru mengakui keberadaan  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  di Sumsel dari waktu ke waktu yang semakin eksis.

Selain itu kegiatan yang digelar memiliki tujuan untuk meningkatkan skill dan integritas wartawan melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

"Uji Kompetensi Wartawan saya harap terus dimasifkan oleh PWI, agar setiap insan pers  mendapatkan ilmu yang benar. Selain itu mereka dibekali rambu-rambu kode etik jurnalistik,” kata Herman Deru.

BACA JUGA:Herman Deru Bangga Sumsel Jadi Tuan Rumah Peparpenas X Tahun 2023

Dia juga menilai pastinya makin kesini dengan segala kecangihan teknologi akan membuat para insan pers dihadapkan dengan berbagai tantangan yang lebih berat.

Berbagai informasi juga akan dengan cepat menyebar melalui berbagai sumber, baik itu media elektronik, online, media cetak atau media sosial lainnya. 

"Ini eranya semua akses informasi dapat dibuka dengan mudah, bahkan tidak ada filter lagi dari belahan dunia. Oleh karena itu PWI tetap survive dengan produk jurnalistik yang dihasilkan anggotanya dengan tetap memegang etika jurnalistik dan bertanggung jawab,” tukasnya. 

Gubernur Herman Deru juga menyebut Pemprov Sumsel terus berupaya memberikan pemerataan akses informasi bagi masyarakat melalui pemerataan pembangunan signal guna memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi.

BACA JUGA:Herman Deru Terima Penghargaan Rekor MURI, Kemenkes RI Apresiasi Pemprov Sumsel

“Pemprov Sumsel terus berupaya menambah pemerataan signal agar masyarakat dengan mudah mendapatkan informasi," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sumsel juga memberikan pesan kepada anggota PWI untuk tetap menjaga kualitas dan independensinya sesuai dengan tagline yang bertema ‘Pers Sehat, Demokrasi Berkualitas, Pembangunan Daerah Maju’.

“Pers yang sehat harus dijaga karena akan berdampak pada kualitas berita yang disebarluaskan yaitu informasi berbasis data, aktual, faktual, dan bertanggung jawab,” ungkapnya. 

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Persatuan Wartawan Indonesia atau Hari Pers Nasional dan Porseniwada Tahun 2023 ini dimeriahkan dengan  Penyerahan Award PWI Sumsel dan  Penyerahan Sertifikat UKW langsung oleh Gubernur Herman Deru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: