Pelindo Regional 2 Palembang Pastikan Operasional Petikemas Tetap Lancar Pasca Insiden Reach Stacker

Pelindo Regional 2 Palembang Pastikan Operasional Petikemas Tetap Lancar Pasca Insiden Reach Stacker

Proses bongkar muat petikemas tetap berjalan normal di Pelabuhan Boom Baru, meski sebelumnya terjadi insiden kebakaran alat berat Reach Stacker.--

SUMEKS.CO - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Palembang menegaskan bahwa operasional jasa kepelabuhanan di Pelabuhan Boom Baru, khususnya pada area Extension Yard petikemas, tetap berjalan normal dan lancar pasca insiden kebakaran yang menimpa salah satu alat berat Reach Stacker.

General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Palembang, Nunu Husnul Khitam, menyampaikan bahwa insiden tersebut tidak mengganggu proses bongkar muat.

“Tidak ada korban jiwa, aktivitas bongkar muat tetap berlangsung dengan baik dan seluruh pengguna jasa tetap dilayani tanpa penundaan,” ujar Nunu dalam keterangan resminya.

Insiden yang terjadi ini segera ditindaklanjuti dengan langkah mitigasi yang cepat. Salah satu tindakan utama adalah pengalihan operasional sementara ke unit Reach Stacker lain yang tersedia, tanpa menyebabkan antrean maupun keterlambatan layanan di pelabuhan.

BACA JUGA:Kegiatan Bongkar Muat di Pelabuhan Pelindo II Berjalan Normal, Api Cepat Dipadamkan

BACA JUGA:Semangat Iduladha! Pelindo Regional 2 Palembang Salurkan 18 Hewan Qurban untuk Masyarakat

Selain itu, Pelindo Regional 2 Palembang juga langsung melakukan investigasi awal yang melibatkan tim teknis internal serta otoritas terkait guna mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut.

Nunu menjelaskan bahwa selama ini Standar Operasional Prosedur (SOP) di Pelabuhan Boom Baru telah berjalan dengan baik.


Unit Reach Stacker cadangan langsung dioperasikan untuk memastikan kelangsungan layanan bongkar muat.--

Meski demikian, insiden ini menjadi momen evaluasi untuk memastikan bahwa SOP yang berlaku tetap relevan dan mampu mencegah insiden serupa di masa depan.

“Kami saat ini tengah melakukan evaluasi menyeluruh terhadap insiden ini. Ke depannya, langkah pencegahan akan kami tingkatkan,” ungkap Nunu.

BACA JUGA:Pelindo Resmi Luncurkan Layanan Customer Care 102 untuk Tingkatkan Kualitas Layanan Kepelabuhanan

BACA JUGA:Pelindo Regional 2 Palembang Terima Kunjungan Ketua DPRD Sumsel, Perkuat Sinergi Pembangunan Daerah

Langkah pencegahan tersebut mencakup audit menyeluruh terhadap kondisi teknis alat berat yang digunakan di pelabuhan, penguatan protokol keselamatan kerja, pelaksanaan inspeksi berkala, dan simulasi rutin penanganan keadaan darurat.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel

Sumber:

Berita Terkait