Pendidikan Mitigasi Bencana Alam Berbantuan AR Sebagai Sekolah Tanggap Bencana di SD Negeri 1 Sungai Pedada

Pendidikan Mitigasi Bencana Alam Berbantuan AR Sebagai Sekolah Tanggap Bencana di SD Negeri 1 Sungai Pedada

Universitas PGRI Palembang, telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat melalui hibah Program Kemitraan Masyarakat (PKM) tahun 2024 yang diterima oleh dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pen--

BACA JUGA:Serbu Stand DLH di OKI Expo! Pengunjung Dapat Bibit Tanaman Gratis untuk Hijaukan Lingkungan

Di sini, ditemukan bahwa sebanyak 60% siswa merasa mampu menjadi agen perubahan di masyarakat mereka, dengan keterampilan yang baru diperoleh untuk berbicara tentang kesiapsiagaan bencana di lingkungan rumah.

Pelaksanaan program mitigasi bencana berbasis Augmented Reality (AR) di SD 1 Sungai Pedada menunjukkan hasil yang signifikan dalam meningkatkan kesiapsiagaan guru dan siswa terhadap bencana alam. Pendekatan INSPIRER yang diterapkan berhasil memfasilitasi pelatihan dengan tahapan yang menyeluruh, mulai dari pendidikan hingga refleksi dan evaluasi.

Sebanyak 85% guru mampu mengintegrasikan mitigasi bencana dalam bahan ajar berbasis AR, sementara 80% siswa mengalami peningkatan pemahaman dan keterampilan mitigasi. Penggunaan AR terbukti efektif, tidak hanya dalam memperjelas konsep abstrak, tetapi juga dalam mengatasi keterbatasan infrastruktur dan memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran.

Refleksi program ini menunjukkan bahwa pelatihan berbasis AR tidak hanya meningkatkan kesiapsiagaan bencana di sekolah, tetapi juga memberikan keterampilan kepada siswa untuk berbagi pengetahuan dengan komunitas mereka. Dengan keberlanjutan program ini, SD 1 Sungai Pedada diharapkan dapat terus berkembang menjadi sekolah tanggap bencana yang mandiri dan inovatif.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: