Kakanwil Kemenkumham Babel dan Danlanal Babel Tingkatkan Sinergi Pengawasan di Perairan Bangka Belitung

Kakanwil Kemenkumham Babel dan Danlanal Babel Tingkatkan Sinergi Pengawasan di Perairan Bangka Belitung

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Babel, Harun Sulianto (tengah), didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Doni Alfisyahrin (kiri), melakukan pertemuan dengan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Babel, Kolonel Laut (P) Erwin Herdianto (kanan), di Pangkalan --

Dalam peraturan tersebut, TNI AL memiliki peran penting dalam upaya penyelamatan kapal yang diduga membawa pengungsi.

“Kita harus siap mengantisipasi kedatangan pengungsi dari luar negeri yang berpotensi melibatkan operasi pencarian dan pertolongan. Koordinasi antar instansi adalah kunci dalam menghadapi situasi seperti ini,” tambahnya.

BACA JUGA:Sinergi Kuat, Kakanwil Kemenkumham Babel Apresiasi Pemkab Beltim Atas Terobosan Imigrasi Corner

BACA JUGA:Kemenkumham Babel Gelar Penguatan Manajemen Risiko, Tekankan Transparansi dan Akuntabilitas

Kolonel Laut (P) Erwin Herdianto menyambut baik kunjungan Kakanwil Kemenkumham Babel dan menegaskan kesiapan Lanal Babel untuk mendukung operasi yang melibatkan keimigrasian di perairan Bangka Belitung.

Ia menyatakan bahwa Lanal Babel memiliki fasilitas kapal yang siap digunakan untuk mendukung operasi tersebut, termasuk Kapal Angkatan Laut (KAL) dengan kapasitas 20 awak dan Kapal Rigid Inflatable Boat (RIB) yang berkapasitas enam orang.

“Kami selalu siap mendukung operasi keimigrasian di laut. Kami juga memiliki fasilitas yang memadai untuk operasi tersebut. Sampai saat ini, belum ada laporan terkait kedatangan pengungsi di perairan Bangka, namun kami tetap waspada,” kata Kolonel Erwin.

Ia berharap kolaborasi antara Kemenkumham, TNI AL, dan instansi terkait lainnya dapat terus ditingkatkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perairan.

BACA JUGA:Dirjen AHU Kemenkumham Lantik Kakanwil Kemenkumham Babel Sebagai MPWN Periode 2024-2027

BACA JUGA:Beri Arahan Pelaksanaan Tusi, Kakanwil Kemenkumham Babel Tekankan Jajarannya Lakukan 3 Hal Penting Ini

Kegiatan koordinasi tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat dari kedua instansi. Dari pihak Kemenkumham, turut hadir Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Edy Firyan, serta Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian, Erwin Hariyadi.

Sementara dari pihak Lanal Babel, hadir Dandenpomal Pipin Siagian, Danposal Pulau Balam Agus Nugroho, Pasintel Aris Alfatah, Pasiminlog M. Syamsul Bahri, Pasprograr Suyadi, Kasatbek M. Panji P., dan Kepala BK Izpan T.

Kunjungan ini menjadi langkah konkret untuk mempererat sinergi antara Kemenkumham dan TNI AL dalam menghadapi berbagai tantangan di perairan Bangka Belitung.

Diharapkan, dengan kolaborasi yang semakin kuat, upaya pengawasan terhadap tenaga kerja asing dan penanganan potensi kedatangan pengungsi dapat dilaksanakan dengan lebih efektif, menjaga kedaulatan wilayah perairan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: