Pemkot Palembang Gandeng Brebes: Langkah Strategis Tekan Inflasi dan Jaga Pasokan Bawang Merah

Pemkot Palembang Gandeng Brebes: Langkah Strategis Tekan Inflasi dan Jaga Pasokan Bawang Merah

Pj Wali Kota Palembang A Damenta dan Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar menandatangani perjanjian kerjasama antar daerah untuk menjaga ketersediaan bawang merah dan menekan inflasi, Kamis 12 September 2024 di Kantor Bupati Brebes.--

Selain itu, kerjasama ini juga diharapkan dapat mendukung petani bawang merah lokal dalam meningkatkan produksi mereka.

Pj Bupati Brebes, Iwanuddin Iskandar, menyambut baik kerjasama ini dan menyampaikan bahwa Brebes selama ini telah menjadi penyuplai utama bawang merah bagi berbagai wilayah di Indonesia.

"Kabupaten Brebes memiliki kontribusi besar dalam produksi bawang merah nasional, dan kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Dalam festival bawang yang kami adakan sebelumnya, banyak kabupaten, kota, dan provinsi dari luar Jawa yang telah berkolaborasi dengan kami, termasuk Pemkot Palembang," kata Iwanuddin.

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas Perencanaan dan Pengelolaan Anggaran Kemenkumham Sumsel Gelar Supervisi Pagu Anggaran 2025

BACA JUGA:Viral Ismail Pria NTT ke Jember Temui Pujaan Hati Tapi Ditolak, Nangis Rasa Cinta Terbangun via TikTok 8 Bulan

Iwanuddin juga menambahkan, Brebes tidak hanya berfokus pada pemenuhan kebutuhan internal, tetapi siap membantu daerah-daerah yang mengalami kekurangan pasokan bawang merah.

"Kami di Brebes memiliki produksi yang melimpah, dan kami tidak boleh egois dengan hal tersebut. Jika Palembang kekurangan pasokan bawang merah, kami siap mensuplai sesuai kebutuhan," tambahnya.

Dengan adanya kerjasama ini, Iwanuddin berharap dapat terjalin hubungan yang saling menguntungkan antara kedua daerah.

"Kami sangat berterima kasih kepada Pemkot Palembang yang telah mempercayai Brebes untuk mensuplai bawang merah. Kerjasama ini diharapkan tidak hanya berdampak positif bagi masyarakat Brebes, tetapi juga bagi masyarakat Palembang yang akan mendapatkan pasokan bawang merah yang berkualitas," tuturnya.

BACA JUGA:Salfok Rumah Mewah di Palembang Dibongkar, Netizen: ‘Yang Buruk Saro Nak Bagusi, Ini La Bagus Dibongkar’

BACA JUGA:Tembang Sampai Menutup Mata Versi Mahalini Trending di Youtube Music

Kerjasama antara Pemkot Palembang dan Pemkab Brebes ini merupakan langkah konkret dalam upaya menekan angka inflasi, khususnya yang diakibatkan oleh komoditas pangan.

Bawang merah, sebagai salah satu komoditas utama, sering kali menjadi penyebab kenaikan harga barang kebutuhan pokok lainnya ketika pasokannya terbatas atau harganya naik drastis.

Langkah ini sejalan dengan upaya pemerintah pusat yang mendorong adanya kerjasama antar daerah dalam pengelolaan komoditas pangan guna menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan.

Melalui kerjasama ini, Kota Palembang dapat mengakses pasokan bawang merah berkualitas dari Brebes secara langsung, sehingga diharapkan mampu mengurangi ketergantungan pada pasar yang fluktuatif dan tidak stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: