IKN Jadi Sorotan: Absennya Beberapa Menteri di Upacara HUT RI ke-79

IKN Jadi Sorotan: Absennya Beberapa Menteri di Upacara HUT RI ke-79

Benarkah tidak semua Menteri ikut pada peringatan HUT RI di IKN. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

Persiapan di IKN, pemerintah menyediakan perkemahan mewah atau glamping bagi petugas upacara HUT RI di IKN. 

"Jadi untuk upacara, nanti kami persiapkan rumah tinggal ASN (aparatur sipil negara) ada beberapa hotel dan glamping perkemahan untuk peserta atau petugas," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono yang juga Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Selasa, 6 Agustus 2024, dikutip berbagai sumber. 

BACA JUGA:Bandara IKN Batal Dioperasikan 17 Agustus Ini, Ada Apa?

BACA JUGA:Benarkah Pegawai Lajang Pindah Lebih Awal ke IKN?

Lalu, terkait petugas yang mengatur lalu-lintas pada peringatan HUT RI di IKN mendapat pelatihan tambahan. Ini dilakukan agar persiapan lebih matang dan hasilnya maksimal. 

"Pelatihan tambahan tetap diberikan meskipun anggota sudah paham tugasnya," ujar Wakil Direktur Lalu lintas (Wadirlantas) Polda Kalimantan Timur, AKBP Roni Mustofa. 

Diungkapkan, adanya pelatihan tambahan diberikan untuk memastikan mereka lebih lancar lagi dalam menjalankan tugas mengatur lalu lintas. Dimana Polda Kalimantan Timur bekerja sama dengan unit Sabhara hingga Dinas Perhubungan.

Sementara itu terkait di IKN, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, mengatakan nominal tarif sewa kebutuhan alat transportasi dan penginapan untuk keperluan HUT RI di IKN tak bisa disamakan dengan situasi umum. 

BACA JUGA:Kenapa Jokowi Pilih Nama Istana Garuda di IKN, Ini Alasannya!

BACA JUGA:Promo Spesial Sewa Mobil di IKN, Sambut HUT RI ke-79 dengan Harga Terbaik!

Menurut Moeldoko, penggunaan dana APBN bagi kebutuhan perayaan hari nasional di Indonesia tidak ada yang mahal. Hal itu juga termasuk akomodasi hotel bagi tamu penting atau VIP dan VVIP selama menginap di IKN. 

"Bagi saya untuk kepentingan hari ulang tahun negara itu enggak ada yang mahal, selama enggak dipakai sesuka kita, dan semuanya bisa dikontrol," katanya.

Di IKN juga adanya layanan kesehatan pada HUT RI nanti. Yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur menjadi penyangga pelayanan kesehatan.

"Sebagai fasilitas kesehatan terdekat dari Istana Presiden di IKN, kami telah mempersiapkan segala kebutuhan untuk menunjang layanan selama kegiatan HUT RI nanti," kata Direktur RSUD Sepaku Eka Wardhana. 

BACA JUGA:Bandara VVIP di IKN Tidak Digunakan HUT RI ke-79, Kenapa!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: