Minimalisir Terjadinya Karhutla di Wilayahnya, Polsek Muara Kuang Sosialisasikan Larangan Membakar Lahan

Minimalisir Terjadinya Karhutla di Wilayahnya, Polsek Muara Kuang Sosialisasikan Larangan Membakar Lahan

Kapolsek Muara Kuang, IPTU Alimin, menyampaikan sosialiasiasi bahaya Karhutla di hadapan warga Desa Serikembang Kecamatan Muara Kuang. --

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Kapolsek Muara Kuang Polres Ogan Ilir, IPTU Alimin, menghadiri musyawarah desa yang diselenggarakan di Kantor Desa Serikembang, Kecamatan Muara Kuang. 

Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2025.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Muara Kuang memberikan imbauan penting mengenai bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kepada masyarakat.

"Jangan membuka lahan atau hutan dengan cara membakar, karena tindakan tersebut melanggar hukum dan dapat dikenakan sanksi pidana," tegasnya. 

Kapolsek Muara Kuang juga mengatakan, kepada seluruh masyarakat agar membuka lahan dan hutan tanpa membakar, karena selain berbahaya bagi lingkungan, juga berdampak pada pelakunya. 

BACA JUGA:Kunjungi Korban Banjir di Muara Kuang, Bupati Ogan Ilir Ingin Ringankan Beban Warga

BACA JUGA:Ground Check Lokasi Banjir, Kapolsek Muara Kuang Ogan Ilir Imbau Warga Waspada Kenaikan Debit Air Sungai

Dalam upaya pencegahan Karhutla, Polsek Muara Kuang juga bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintah terkait lainnya, seperti BPBD, Manggala Agni, Dinas Pemadam Kebakaran, dan TNI. 

"Kolaborasi ini bertujuan untuk memperkuat pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan melalui patroli terpadu, sosialisasi, dan edukasi kepada masyarakat," sebutnya. 

Kapolsek Muara Kuang menyampaikan, musyawarah desa tersebut berjalan dengan lancar dan kondusif. 

Kapolsek Muara Kuang menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya preventif dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah hukum Polsek Muara Kuang.

"Polisi berkomitmen untuk terus mengawal dan menyosialisasikan pentingnya menjaga lingkungan kepada masyarakat," ujarnya.

BACA JUGA:Banjir di Kecamatan Muara Kuang, Wabup Ogan Ilir Pastikan Pasokan Makanan Warga Tak Terganggu

BACA JUGA:Patroli Beat Polsek Muara Kuang Ogan Ilir, Komitmen Berikan Kenyamanan dan Keamanan ke Masyarakat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: