Dedikasi Bapas Pakalpinang Membuahkan Hasil: 614 Litmas dan 67 ABH Terbantu di Semester I 2024

Dedikasi Bapas Pakalpinang Membuahkan Hasil: 614 Litmas dan 67 ABH Terbantu di Semester I 2024

Balai Pemasyarakatan (Bapas) adalah lembaga yang bertugas melaksanakan proses pembimbingan, pendampingan, dan pengawasan bagi narapidana (klien dewasa) maupun anak yang berada dalam proses pemasyarakatan. --

Andriyas juga menyebutkan, saat ini Bapas Pangkalpinang melaksanakan pembimbingan dan pengawasan terhadap 1.638 orang Klien Dewasa dan 34 orang Klien Anak yang sedang menjalani masa integrasi Pembebasan Bersyarat (PB) serta Cuti Bersyarat (CB).

Klien tersebut adalah mereka yang dibebaskan dari Lapas/ LPKA dengan bersyarat dengan pengawasan Bapas agar mereka dapat kembali berkumpul di tengah masyarakat pasca menjalani masa pidana di Lapas dengan tanpa melanggar hukum lagi sampai dengan masa pembimbingannnya berahir.

BACA JUGA:PT SBS bersama Masyarakat Gotong Royong Jumat Bersih di Lawang Kidul

BACA JUGA:Rekonstruksi Novi, Anak Mantu Bunuh Mertua di Kendari Tampil Modis Saat Gelar Kasusnya Dikecam Keluarga Korban

Untuk kelancaran pelaksanaan tugas, Bapas Pangkalpinang saat ini sedang aktif melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat agar bisa menerima dengan baik Klien Bapas yang sedang diintegrasikan di tengah masyarakat pasca keluar dari Lapas dan menjalani program integrasi Pembebasan Bersyarat maupun Cuti Bersyarat.

“Untuk menyukseskan tugas Bapas, kami terus menggandeng pemangku kepentingan terkait, seperti aparat desa/ kelurahan dengan Akademisi Universitas Bangka Belitung (UBB)," ujarnya.

Selama ini telah dilakukan sosialisasi tugas Bapas melalui Bapas Go to Vilage. Lalu telah dilaksanakan di Desa Mapur (Bangka), Kelurahan Teladan dan Kelurahan Masjid Jamik (Kota Pangkalpinang), Desa Lubuk Lingkuk, Desa Sungkap, Desa Kace Timur dan Kelurahan Bukit Besar.

Lalu melaksanakan Bapas Go To School yang telah dilaksanakan di SMPN 9 Pangkalpinang, SMPN 8 Pangkalpinang, dan SMAN 3 Pangkalpinang.

BACA JUGA:Membangun Sinergi, Kalapas Narkotika Muara Beliti Hadiri Pisah Sambut Dandim Lubuklinggau

BACA JUGA:Hakim Praperadilan Pegi Setiawan Janji Beri Putusan Adil Tanpa Tekanan, ‘Kalaupun Ada Tekanan Saya Abaikan’

Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto mengapresiasi capaian kinerja Bapas di tengah keterbatasan sarpras dan SDM karena harus menangani klien di semua kabupaten dan kota di Babel. 

Disampaikan Kakanwil Harun Sulianto, saat ini sudah dibangun Kantor Bapas di Tanjungpandan Belitung. "Semoga tahun ini mendapat operasional sehingga dapat mengurangi beban kerja Bapas Pangkalpinang," kata Harun Sulianto yang kelahiran Belinyu Bangka tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: