PT Kilang Pertamina Internasional RU III Plaju Bangun Taman Keanekaragaman Hayati di Komplek JSC

PT Kilang Pertamina Internasional RU III Plaju Bangun Taman Keanekaragaman Hayati di Komplek JSC

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU III Plaju bangun Taman Keanekaragaman Hayati di komplek JSC.--

Lebih lanjut dikatakan Yulianto Taman Keanekaragaman Hayati yang akan dibangun ini merupakan taman keanekaragaman hayati pertama di Indonesia yang berada di lahan basah.

Selain program Taman Keanekaragaman Hayati ini, masih dalam sambutannya PT KPI RU III Plaju juga fokus pada beberapa program pelestarian Kehati yang serupa, diantaranya adalah budidaya ikan Belida, lalu penangkaran Rusa, kemudian penanaman pohon atau penghijauan pada wilayah Komplek Pertamina serta konservasi Gajah Sumatera.

"Alhamdulillah, berkat dukungan penuh dari KLHK, serta Pemprov Sumsel, PT Kilang Pertamina Internasional RU III Plaju juga pada 2023 kemarin telah mendapatan anugerah PROPER Emas kedua kalinya sejak 2022. Semoga ini menjadi bukti keseriusan kami dalam menjadi perusahaan pengolahan migas dan Petrokimia yang ramah lingkungan, serta beyond compliance terhadap regulasi-regulasi yang berlaku," sebutnya.

BACA JUGA:Hari Raya Iduladha 1445 H, PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Sebar 176 Hewan Kurban di Wilayah Kerja Perusahaan

BACA JUGA:Dramatis, Palembang Bank SumselBabel Terhenti 0-3 di Tangan Pertamina Pertamax Pekan ke-6 Proliga 2024

Ia berharap, dengan dibangunnya Taman Keanekaragaman Hayati ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi keberlangsungan keanekaragaman pohon-pohon khas Sumatera Selatan, agar terlindung dari ancaman kepunahan, agar di tahun-tahun yang akan datang, anak cucu kita dapat terus menghirup oksigen dari segarnya udara Sumsel.

"Kami berharap, dengan dibangunnya Taman Keanekaragaman Hayati ini, dapat memberikan manfaat yang besar bagi keberlangsungan keanekaragaman pohon  khas Sumatera Selatan, agar terlindung dari ancaman kepunahan, agar di tahun-tahun yang akan datang, anak cucu kita dapat terus menghirup oksigen dari segarnya udara Sumsel," tukasnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi SH MSE dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih atas kerjasama dan dukungan penuh PT KPI RU III Plaju melestarikan sumber daya alam dengan membangun Taman Keanekaragaman Hayati.

Program yang dilakukan PT KPI RU III Plaju, kata Pj Gubernur merupakan langkah yang tepat guna menyelamatkan berbagai spesies tumbuhan asli atau lokal yang memiliki tingkat ancaman sangat tinggi terhadap kelestarian.

BACA JUGA:Sapu Bersih Seri Malang, Pertamina Enduro Amankan Tiket Final Four Proliga 2024

BACA JUGA:Didapuk Sebagai Tuan Rumah Pertamina Targetkan Raih Kemenangan di Malang

"Yang terpenting konsepnya adalah bagaimana kita mengembalikan fungsi ekosistem pada suatu daerah kembali kepada ekosistem yang sesungguhnya dengan kata lain bahwa pembangunan Taman ini memang sangatlah tepat guna," tuturnya.

Usai memberikan sambutan, GM PT KPI RU III Pertamina Yulianto Triwibowo bersama Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi SH MSE serta para pejabat terkait melakukan penanaman bibit pohon endemik secara simbolis dilahan seluar lebih kurang 5 hektar.

Kegiatan Groundbreaking Taman Keanekaragaman Hayati di Komplek JSC ini juga turut dihadiri Dirjen KSDAE KLHK RI yang di wakili oleh Kepala Balai KSDA Provinsi Sumsel Teguh Setiawan.

Lalu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumsel Herdi Apriansyah lalu Manager HSSE RU III Plaju Nizar Nasrulloho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: