Pemkab OKI dan KPK Bersinergi Berantas Korupsi, Mulai dari Pemetaan

Pemkab OKI dan KPK Bersinergi Berantas Korupsi, Mulai dari Pemetaan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memang memiliki peran dalam memberikan pendampingan kepada pemerintah daerah, termasuk Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), untuk memetakan dan menghindari area rawan korupsi.--

Sambungnya, KPK telah melihat progres atau komitmen Pemkab OKI dalam pencegahan korupsi melalui MCP. Dalam memastikan ketepatan MCP, maka dikonfirmasikan dengan hasil Survei Penilaian Integritas (SPI).

"Ada tiga kunci dalam upaya pencegahan korupsi. Antara lain  komitmen, perubahan sistem, serta pengelolaan sumber daya manusia yang baik." Terangnya.

BACA JUGA:Polres OKI Restorative Justice Kasus Pembuangan Bayi Dalam Kardus, Ini Sebabnya!

BACA JUGA:Saatnya Portugal Ambil Napas, Tapi Tidak Untuk Cristiano Ronaldo di Laga Terakhir Grup F Dini Hari Nanti

Penjabat Bupati OKI, Asmar Wijaya mengapresiasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang selalu aktif mendukung dan mendampingi dalam hal pencegahan korupsi. Salah satunya melalui program Monitoring Center For Prevention (MCP). 

"Dengan MCP yang dikembangkan oleh KPK, bertindak sebagai tools guna mewujudkan pemerintahan baik pusat maupun daerah yang bersih, transparan dan akuntabel," ujar Asmar. 

Dikatakannya, hasil monitoring pencegahan korupsi MCP kabupaten OKI tahun 2023 memiliki total nilai MCP 82% diatas rerata provinsi dan nasional. Angka ini lebih baik dari tahun sebelumnya 77 persen.

"Tentunya kita terus melakukan perbaikan sehingga langkah pencegahan korupsi ini dilakukan tidak hanya sekedar pemenuhan administrasi, tetapi dapat diimplementasikan dalam rutinitas penyelenggaraan pemerintah di Kabupaten OKI" pungkas dia.

BACA JUGA:Dua Kelompok Saling Serang, Wiwit Meregang Nyawa Diduga Jadi Korban Salah Sasaran, 2 Orang Terluka

BACA JUGA:Difitnah di Medsos, Oknum Mahasiswi di Palembang Terancam Undang-Undang ITE

Asmar juga meminta OPD pengampu bisa melakukan tindaklanjut terkait indikator dan subindikator MCP.

"Sehingga kita memiliki pemahaman yang sama dan dapat memenuhi target yang telah ditetapkan guna percepatan capaian MCP tahun 2024," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: