Pound Fit di Muara Enim: Bakar Kalori Sambil Bersenang-senang

Pound Fit di Muara Enim: Bakar Kalori Sambil Bersenang-senang

OLAHRAGA : Ticer Emy memperkenalkan olahraga pound fit di Muara Enim.--

Di Kabupaten Muara Enim sendiri, pound fit mulai dikenalkan dan mendapatkan sambutan yang positif dari masyarakat.

Dengan semakin banyaknya instruktur seperti Ticer Emy yang memperkenalkan dan mengajarkan pound fit, diharapkan olahraga ini dapat semakin populer dan menjadi bagian dari gaya hidup sehat masyarakat Muara Enim.

"Pound fit adalah jenis olahraga baru yang memadukan gerakan aerobik dengan yoga serta menggunakan alat semacam stik (ripstix) dan musik sebagai komponen utamanya," ujar Emy, Rabu 19 Juni 2024.

Sepertinya ada sedikit kesalahan informasi di sana. Olahraga pound fit memang terinspirasi dari gerakan bermain drum, namun bukan karena lupa membawa kursi saat bermain drum.

Pound fit diciptakan oleh Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom, dua mantan drummer yang ingin menciptakan olahraga yang menyenangkan dan efektif.

Mereka terinspirasi oleh gerakan-gerakan energik dan ritmis saat bermain drum, lalu menggabungkannya dengan unsur-unsur pilates dan yoga untuk menciptakan pound fit.

Ide menggunakan stik drum (ripstix) muncul karena mereka ingin menambahkan elemen musik dan ritme ke dalam olahraga ini.

Ripstix yang digunakan dalam pound fit lebih ringan daripada stik drum biasa, sehingga lebih mudah digunakan dan tidak menimbulkan cedera.

Jadi, pound fit memang terinspirasi dari gerakan bermain drum, namun bukan karena lupa membawa kursi. Olahraga ini diciptakan dengan tujuan untuk memberikan pengalaman olahraga yang menyenangkan, efektif, dan berbeda dari olahraga konvensional lainnya.

"Jadi karena lupa gerakannya di drum itu tetap jalan show-nya tetap jalan tapi mereka Squad nah terinspirasi dari dalam itu akhirnya mereka nyiptain gerakan-gerakan pound fit dengan dibantu alat ripstik," ungkapnya.

Ripstix yang digunakan dalam pound fit memiliki versi original dan tidak original. Keduanya memiliki perbedaan dalam hal ciri-ciri, kualitas, dan harga. 

"Yang original itu sudah dibuat sedemikian rupa untuk menghindari cidera, kalau terjatuh alatnya akan terbelah dua, kalau KW banyak serpihan yang menbuatnya tidak safety," terangnya. 

Menurutnya, untuk olahraga poundfit ada gerakannya dimana instrukturnya juga akan ada sertifikat yang membuktikan bahwa dia adalah pro.

"Karena gerakannya memang perlu dipelajari dan itu ada tingkatannya untuk bisa sampai pada tingkatan instruktur " bebernya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: