Tak Ada Remisi Idul Adha di Sumsel, Ini Penjelasan Kakanwil Kemenkumham

Tak Ada Remisi Idul Adha di Sumsel, Ini Penjelasan Kakanwil Kemenkumham

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Ilham Djaya, memang telah mengkonfirmasi bahwa tidak ada remisi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana di lapas/rutan di Sumatera Selatan pada perayaan Idul Adha 1445 H tahu--

Selain remisi khusus Hari Raya Idul Fitri, Lapas/Rutan di Sumatera Selatan (Sumsel) juga tetap memaksimalkan pengusulan pemberian remisi umum kepada narapidana yang memenuhi syarat pada Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus.

Remisi umum merupakan salah satu jenis remisi yang diberikan kepada narapidana yang telah menunjukkan perilaku baik dan memenuhi persyaratan tertentu.

BACA JUGA:Jajaran Kemenkumham Kepulauan Bangka Belitung Salurkan 48 Hewan Kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah

BACA JUGA:Sambut Idul Adha 1445 H, KAI Divre III Palembang Bagikan 23 Ekor Sapi Kurban untuk Masyarakat Sekitar

Narapidana dan keluarga narapidana di Sumatera Selatan diharapkan dapat memahami dan memaklumi bahwa tidak ada remisi khusus Hari Raya Idul Adha 1445 H.

Hal ini sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia, di mana remisi keagamaan bagi narapidana Muslim hanya diberikan sekali dalam setahun, yaitu pada Hari Raya Idul Fitri.

Meskipun tidak ada remisi Idul Adha, narapidana Muslim di Lapas/Rutan Sumsel tetap mendapatkan hak-haknya selama perayaan berlangsung.

Mereka tetap dapat melaksanakan sholat Iduladha dan mengikuti kegiatan keagamaan lainnya.

BACA JUGA:Terbaru dari KUR BCA 2024, Bukan Cuma Bunga Rendah, Proses Cepat tapi UMKM Bisa Dapat Lebih!

BACA JUGA:Bagikan Daging Kurban hingga ke Masyarakat Pelosok, Polda Sumsel Kerahkan Personel Bhabinkamtibmas

Selain itu, perlu diingat bahwa remisi bukan merupakan hak narapidana, melainkan merupakan bentuk penghargaan dari negara atas perilaku baik dan keikutsertaan narapidana dalam program pembinaan.

"Meski tidak ada pemberian remisi, perayaan Idul Adha di Lapas/Rutan Sumsel juga tetap meriah. Kami selalu memberikan pembinaan dan pelayanan maksimal kepada semua WBP. Apalagi jika lapas/rutan melakukan penyembelihan hewan kurban, tentu menjadi hadiah yg baik juga untuk warga binaan," tutup Ilham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: