Kakak Adik Hacker Asal Tulung Selapan OKI Dibekuk Polisi saat Berpesta dalam Hotel Mewah di Palembang

Kakak Adik Hacker Asal Tulung Selapan OKI Dibekuk Polisi saat Berpesta dalam Hotel Mewah di Palembang

Kakak adik asal Tulung Selapan OKI dibekuk Satreskrim Unit Pidana Khusus (Pidsus) Polrestabes Palembang.-Foto: Deni Kurniawan/sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kakak adik yakni Ariansyah (29) dan Tino (26) dibekuk Satreskrim Unit Pidana Khusus (Pidsus) Polrestabes Palembang saat tengah berpesta di salah satu hotel mewah di kawasan Jalan R Soekamto Kota Palembang, pada Rabu 5 Juni 2024.

Kedua hacker asal Tulung Selapan, Kabupaten OKI ini, diringkus setelah terlibat aksi pencurian sejumlah data-data penting seperti, saldo e-wallet, saldo ATM, saldo pinjol dan hal yang bersifat privasi milik para korbannya.

Dalam dua tahun melakukan aksi siber sabotase dan pencurian melalui internet, kedua kakak adik yang mengaku mempelajari ilmu hacker secara otodidak ini sudah meraup keuntungan mencuri saldo para korbannya lebih dari Rp200 juta.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Harryo Sugihhartono didampingi Kasat Reskrim AKBP Haris Dinza mengatakan, kedua pelaku diamankan berawal adanya laporan dari salah satu korban yang mengaku jika saldonya terkuras setelah mengklik sebuah kiriman link aplikasi yang masuk ke nomor WhatsApp pribadinya.

BACA JUGA:Terekam CCTV, Pelaku Pencurian Sarang Walet di Tulung Selapan OKI Ditangkap

BACA JUGA:Tak Mau Dihukum 12 Tahun Penjara, Warga Tulung Selapan OKI Serahkan Senpira ke Polisi

"Modus kedua pelaku ini yakni melakukan secara ilegal dengan menggunakan aplikasi surat panggilan polisi atau undangan pernikahan yang secara random dikirim ke nomor-nomor para korbannya. Jika korbannya mengklik link yang dikirim kedua pelaku ini otomatis data para korbannya masuk ke HP milik para pelaku ini," terang Kapolrestabes.

Dari pengakuan mereka, lanjut Kombes Pol Harryo keduanya dapat keuntungan  200 juta rupiah selama dua tahun menjalankan aksinya.


Kakak adik dibekuk polisi saat berpesta di salah satu hotel mewah di kawasan Jalan R Soekamto Kota Palembang.-Foto: Deni Kurniawan/sumeks.co-

Modus lainnya, lanjut Kapolrestabes lagi, keduanya menggunakan APK surat panggilan dan undangan pernikahan yang ketika diinstall oleh para korbannya maka secara otomatis pesan yang sampai di HP korban juga akan sampai ke HP pelaku dan terkoneksi langsung ke jaringan internet.

"Mereka memindahkan uang milik korban ke rekening pelaku, setelah itu data yang diterima korban akan kembali lagi setelah enam hari berjalan," ujarnya.

BACA JUGA:Istri Sah Sudah Lama Curiga Sebelum Labrak Suami Bersama Wanita Lain di Bedeng Ijo Tulung Selapan OKI

BACA JUGA:Bikin Heboh di Medsos, Suami Dilabrak Istri Sah Bersama Wanita Lain di Dalam Bedeng Ijo Tulung Selapan OKI

Bahkan dalam aksinya kedua pelaku tak segan segan menggunakan foto profil polisi berpangkat AKBP untuk mengelabui para korbannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: