7.165 Jemaah Haji Sumsel & Babel Sudah di Tanah Suci, Embarkasi Palembang Sisakan 3 Penerbangan Lagi

7.165 Jemaah Haji Sumsel & Babel Sudah di Tanah Suci, Embarkasi Palembang Sisakan 3 Penerbangan Lagi

Sedikitnya 7.156 jemaah haji asal Embarkasi Palembang sudah tiba di Tanah Suci, dengan demikian tersisa tiga Kloter jemaah haji akan diberangkatkan dari Embarkasi Palembang. --

Armet meminta jemaah haji mempersiapkan diri sebaik mungkin menyambut puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina. 

"Jaga kondisi fisik dan kesehatan agar tidak drop saat memasuki puncak haji," pesan Armet. 

Sementara itu, disisi lain, keberpihakan pemerintah terhadap jemaah haji Lanjut Usia (Lansia), tidak hanya pada fasilitasi layanan akomodasi, transportasi, kesehatan, bimbingan ibadah, dan petugas khusus, namun juga penyediaan katering khusus yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan jemaah haji Lansia.   


Seluruh Ketua Kloter diminta laporkan jumlah jemaah haji Lansia, untuk mempersiapkan menu makanan khusus. --

Pada operasional haji tahun ini, tercatat hampir 45.000 atau tepatnya 44.795 jemaah dengan usia 65 tahun ke atas atau hampir 21 persen dari total kuota jemaah haji reguler, yaitu 213.320 orang.

Anggota Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda mengatakan, menu makan jemaah haji lansia dimasak dan disajikan secara khusus setiap dapur katering. 

BACA JUGA:2 Jemaah Haji Ogan Ilir Mengundurkan Diri, Ada yang Hamil dan Meninggal Dunia

BACA JUGA:Kemenag Luncurkan Aplikasi Kawal Haji, Beragam Manfaat Bisa Dirasakan Jemaah Haji & Keluarga Loh!

"Selain tekstur nasi yang lebih lembut mirip bubur, rasa masakan juga tidak pedas. Buah-buahan yang disajikan pun disesuaikan agar jemaah haji lansia lebih mudah mengonsumsinya," terang Widi. 

Ia menjelaskan, agar seluruh jemaah haji lansia memperoleh menu khusus tersebut, untuk itu para Ketua Kelompok Terbang (Kloter) hendaknya melaporkan data jumlah jemaah haji Lansia di setiap Kloternya. 

Menurutnya, data yang dilaporkan demi memastikan para jemaah haji lansia mendapatkan asupan gizi yang sesuai selama berada di Tanah Suci. 

"Data tersebut dilaporkan pada kesempatan pertama setelah mereka tiba di hotel di Mekkah, kepada petugas pengawas katering yang ada di setiap sektor pemondokan jemaah," ujar dia. 

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), kata Widi, sudah meminta setiap dapur katering  untuk menyiapkan menu lansia sesuai dengan kebutuhan yang diajukan. Jumlah menu lansia bahkan memungkinkan hingga 20 persen dari total jemaah dalam satu Kloter. 

BACA JUGA:10 Jemaah Haji Kabupaten Muara Enim Tergabung Kloter 12 Berangkat Ke Tanah Suci

BACA JUGA:Lagi, 1 Jemaah Haji Asal Sumsel Meninggal di Madinah, Total Ada 4 Jemaah Haji Embarkasi Palembang yang Wafat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: