Waduh! PT OKI Pulp Diduga Pekerjakan Ratusan TKA Ilegal, JAKOR: Rugikan Negara Triliunan Rupiah!

Waduh! PT OKI Pulp Diduga Pekerjakan Ratusan TKA Ilegal, JAKOR: Rugikan Negara Triliunan Rupiah!

Puluhan masyarakat bersama mahasiswa yang tergabung dalam Jaringan Anti Korupsi (JAKOR), menggelar demontrasi di depan kantor Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), menuntut penutupan PT OKI Pulp, Rabu, 29 Mei 2024.--

Sementara, Ketua Jaringan Anti Korupsi, Fadrianto TH menyampaikan, PT OKI Pulp & Paper Mills memiliki permasalahan yang kompleks.

Mulai dari dugaan tindak pidana pencemaran lingkungan, pemanfaatan lahan konservasi tanpa perizinan, dan pengunaan kendaraan operasional pengangkutan logistik (roadtrain) pulp, dan tisu yang tidak dilengkapi dokumen resmi.

BACA JUGA:Warganet Sebut PT OKI Pulp and Paper Mills Sering Terjadi Kecelakaan Kerja, Namun Selalu Ditutupi

BACA JUGA:Nah Loh! Buntut Tewasnya Pekerja Tersedot Kedalam Tangki Limbah, PT OKI Pulp and Paper Bakal di Sidak

“Hasil investigasi Jakor, didapati berbagaimacam kejahatan yang dilakukan OKI Pulp yang mengakibatkan terjadinya indikasi kerugian pada Masyarakat, lingkungan hidup dan keuangan negara," Papar fadrianto.

Dijelaskan, satu sampel Kendaraan yang beroperasi di lingkungan PT OKI Pulp & Paper dari sungai baung ke seaport tanjung tapa (gudang/werehouse) di daerah mangrove.

Terindikasi berjumlah hingga ratusan tidak memiliki dokumen resmi, sehingga dipastikan negara dan daerah dirugikan dari penerimaan pajak kendaraan.

Kepala Bidang Pengendalian Kerusakan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Drs Wilman, MH mengatakan akan menindaklajuti hasil dari pengaduan Masyarakat yang disampaikan oleh Jakor.

BACA JUGA:Berikut Kronologi Penyebab Tewasnya Ari Prabowo Kedalam Tangki Limbah Panas PT OKI Pulp and Paper Mills

BACA JUGA:Info Lowongan Kerja di PT OKI Pulp and Paper, Pendaftaran Mulai 14 Juli 2023

“Kami mengapresiasi informasi yang disampaikan oleh Jakor, kami akan sampaikan kepada pimpinan untuk ditindaklanjuti” singkat Wilman.

Dalam pernyataan sikap aksi yang disampaikan langsung oleh Ketua Jakor, Fadrianto menegaskan bahwa pihaknya mendesak PJ Gubernur agar membuat rekomendasi untuk pencabutan izin usaha PT. OKI Pulp & Paper Mills.

“Kami mendesak kepada Pemerintah Daerah, termasuk DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten OKI agar membetuk satuan tugas untuk mengkaji kecelakaan yang terjadi pada pekerja lokal dan mengecek dokumen TKA di PT OKI Pulp & Paper Mills,” tuntutnya

Dalam pernyataan sikap Jakor juga meminta pihak berwajib, BPK RI dan KPK RI agar memeriksa dan memanggil pemilik dan pemegang saham PT OKI Pulp & Paper Mills.

BACA JUGA:UPDATE! PT OKI Pulp and Paper Kembali Buka Lowongan Kerja untuk Masyarakat Sumsel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: