Demi Menjaga Kesehatan Fisik Jemaah Haji, Kemenag Luncurkan Senam Haji Indonesia

Demi Menjaga Kesehatan Fisik Jemaah Haji, Kemenag Luncurkan Senam Haji Indonesia

28 ribu jemaah haji secara luring dan daring mengikuti kegiatan Senam Haji Indonesia-Kemenag RI-

SUMEKS.CO – Kementerian Agama (Kemenag) melaunching kegiatan Senam Haji Indonesia demi menjaga kesehatan fisik Jemaah haji.

Kegiatan ini dipusatkan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta dan diikuti lebih dari 28 ribu jemaah haji Indonesia secara luring dan daring yang tersebar di Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kemenag M. Ali Ramdhani mengkonfirmasi launchingnya senam haji ini menjadi bagian dari ikhtiar menjaga kebugaran jemaah haji agar jemaah dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan lancar, sehat dan bugar hingga sehat saat pulang.

Kegiatan ini menjadi salah satu perhatian khusus pemerintah terhadap faktor kesehatan dalam penyelenggaraan haji tahun 2024.



Kegiatan Senam Haji Indonesia dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik Jemaah haji-Kemenag RI-

BACA JUGA:Wabup Ogan Ilir Hadiri Sedekah Haji Bersama Jemaah Haji Asal Tanjung Batu, Ini Pesannya!

BACA JUGA:Musim Haji Segera Tiba, Akun Medsos Ini Bagikan Tips Aman Agar Jemaah Tidak Tertipu di Kota Mekkah-Madinah

Ada dua hal yang menjadi alasan mengapa faktor kesehatan menjadi perhatian utama salah satunya mengingat kuota haji tahun ini mencapai 241.000 jemaah yang tercatat terbanyak sepanjang sejarah dalam penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M Indonesia.

Selain itu ada lebih dari 45.000 jemaah haji yang masuk kategori lanjut usia (lansia) sehingga tema masih diambil seperti pada tahun 2023 yakni “Haji Ramah Lansia”.

Kedua, ada lebih dari 770 jemaah haji yang wafat tahun lalu dengan jumlah terbanyak dalam 10 tahun terakhir penyelenggaraan ibadah haji.

Dalam pelaksanaannya kesehatan jemaah haji menjadi concern dan tentu harapannya jemaah haji bisa berangkat dalam keadaan sehat serta menunaikan ibadah haji dengan baik, dan pulang ke tanah air juga dalam keadaan sehat.

BACA JUGA:Permudah Jemaah Haji di Tanah Suci, Bank Muamalat Rilis Kartu Debit Nirsetuh

BACA JUGA:Arab Saudi Mulai Terbitkan Izin Haji untuk Jemaah Domestik, Begini Penjelasannya

Gerakan Senam Haji dikemas untuk menjaga kebugaran dan ketahanan fisik Jemaah yang disusun berdasarkan kajian dan penelitian para pakar kesehatan agar bisa diterapkan untuk semua jemaah haji Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: