Raih Pahala di Hari Raya Idul Fitri, Ini 6 Sunnah Nabi yang Bisa Dikerjakan

Raih Pahala di Hari Raya Idul Fitri, Ini 6 Sunnah Nabi yang Bisa Dikerjakan

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.--net

SUMEKS.CO – Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi umat muslim setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan satu bulan penuh. 

Pada hari raya Idul Fitri, umat muslim bebas makan dan minum di siang hari. Biasanya diisi dengan bersilaturahmi ke rumah kerabat dan tetangga. 

Nah, pada hari kemangan ini juga umat muslim tetap dapat meraih pahala dengan melakukan sunnah nabi selain menjalankan ibadah wajib. 

Apa saja amalan dan adab yang perlu dijaga pada saat merayakan hari raya Idul Fitri agar tetap mendapat pahala? Simak penjelasannya! 

BACA JUGA:6 Amalan Sunah di Hari Raya Idul Fitri yang Datangkan Pahala, Nomor 4 & 5 Jangan Dilewatkan!

BACA JUGA:Hari Raya Idul Fitri Bersama Pemerintah, Ustad Muhammad Abduh Tuasikal Beri Alasan Ini

1. Mandi sebelum berangkat shalat Ied

Hal pertama yang bisa dilakukan umat muslim di hari raya Idul Fitri, untuk tetap mendapatkan pahal yakni mandi sebelum berangkat ke masjid atau tanah lapang untuk shalat Ied

Seorang umat muslim, baik laki-laki maupun perempuan termasuk anak-anak dan dewasa disunnahkan untuk mandi terlebih dahulu. 

Dimana dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu, menceritakan seorang pernah bertanya pada Ali mengenai mandi ini. Ali menjawab “ Mandilah setiap hari jika kamu mau. 

BACA JUGA:Beda Metode. Muhammadiyah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri 21 April 2023. Pemerintah Tunggu Hilal 3 derajat

BACA JUGA: Amalan Sunnah di Hari Jumat, Berpeluang Dapat Cahaya di Hari Kiamat dan Ampunan Dosa

Orang tadi berkata “Bukan. Masudku, makakah mandi yang dianjurkan?” Ali menjawab “ Mandi pada hari Jumat, hari Arafah, hari Idul Adha dan Idul Fitri.” (HR. Ali-Baihaqi, 3:278)

Sementara itu, dari Nafi, ia berkata bahwa “Abudullah bin Umar biasa mandi di hari Idul Fitri sebelum berangkat ke tanah lapang.” (HR. Malik dalam al-Muwatho 426). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: