Raih Pahala di Hari Raya Idul Fitri, Ini 6 Sunnah Nabi yang Bisa Dikerjakan

Raih Pahala di Hari Raya Idul Fitri, Ini 6 Sunnah Nabi yang Bisa Dikerjakan

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.--net

2. Berhias dan memakai pakaian terbaik

Dalam riwayat yang disebutkan dalam Bulughul Maram No 533 diriwayatkan oleh Imam Bukhari bahwa Nasi Shallallahu alaihi wa sallam memiliki baju khusus di hari Jumat dan di saat beliau menyambut tamu.  

BACA JUGA:Biar Tidak Lupa, Berikut Tata Cara Pelaksanaan dan Hukum Shalat Ied

BACA JUGA:Tata Cara dan Do’a Shalat Sunnah Taubat yang Benar, Minimal Lakukan Sekali Seumur Hidup!

Ada juga riwayat lain dari Abdullah bin Umar radhiyallahu anhuma, bahwa Umar pernah mengambil jubah berbahan sutera yang dibeli di pasar. Ketika Umar mengambilnya Rasullullah shallallahu alaihi wa salam datang, Ibnu Umar lantas berkta “Wahai Rasullullah, belilah pakaian seperti ini lantas kenakanlah agar engkap bisa berpenampilan bagu saat ied dan menyambut tamu. 

Rasullullah shallallahu alaihi wasllam lantas berkata “ Pakaian seperti ini tidak membuat seseorang tidak mendapatkan tempat di akhirat.” (HR. Bukhari 948)

Nabi shallallahu alaihi wa sallam tidak mempermasalahkan berpenampilan bagu di hari raya Idul Fitri. Namun yang jadi masalah dalam hadits tadi adalah jenis pakaian yang dibeli Umar terbuat dari sutera. 

3. Makan sebelum Shalat Ied

BACA JUGA:Kisah Haru Baju Lebaran Untuk Hasan dan Husein Cucu Rasulullah dari Malaikat Penjaga Surga

BACA JUGA:7 Do’a Pendek yang Dijamin Besar Pahalanya, Wajib Banget Amalkan Selepas Shalat

Dari Abdullah bi Buraidah, dari ayahnya ia berkata, “Rasullullah shallallahu alaihi wa sallam biasa berangkat shlat Ied pada hari raya Idul fitri dan sebelumnya beliau makan terlebih dahulu. Sementara pada hari idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari Shalat Ied baru beliau menyantap hasil qurbannya.” (HR Rahmad 5:352)

Pada shalat Idul Fitri disunnahkan makan terlebih dahulu sebelum berangkat ke masjid atau tanah lapang, karena ada larangan berpuasa pada hari tersebut dan sebagai tanda bahwa hari tersebut tidak lagi berpuasa. 

4. Takbir dari rumah menuju tempat shalat

Allah ta’ala berfirman, “Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepada kamu, supaya kamu bersyukur.” (QS. Al Baqarah: 185)

BACA JUGA:Amalan Khusus di Hari Jum’at Untuk Menghapus Dosa 80 Tahun, Bukan Cuma Baca Surah Al-Kahfi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: