8 Kabupaten/Kota di Sumsel yang Berpotensi Jadi Ibu Kota Provinsi Sumselbar, Palembang Siap-siap Tersingkir

8 Kabupaten/Kota di Sumsel yang Berpotensi Jadi Ibu Kota Provinsi Sumselbar, Palembang Siap-siap Tersingkir

8 Kabupaten/Kota di Sumsel yang Berpotensi Jadi Ibu Kota Provinsi Sumselbar--

Tak hanya memiliki luas wilayah melebihi Bangka Belitung (Babel) dan Bengkulu, Provinsi Sumselbar bahkan mengalahkan provinsi induk sebelumnya, Sumsel.

Ya, Luas wilayah Sumselbar hasil dari Pemekaran wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), membuat takjub masyarakat Indonesia.

Betapa tidak, selain perjuangan panjang yang menimbulkan keberhasilan monumental, provinsi Sumselbar dikabarkan akan mengungguli dua provinsi lainnya di Indonesia.

BACA JUGA:Resmi Jadi Daerah Pemekaran, Provinsi Sumsel Kini Miliki 25 Kabupaten/Kota, Tambah Bupati Baru?

BACA JUGA:Akan Ada 8 Daerah Pemekaran Baru di Sumsel, Sudah Rapat Konsolidasi & Koordinasi, Syahrial Oesman: Siap-siap!

Dengan luas wilayah mencapai 30.18 ribu kilometer persegi, Provinsi Sumselbar nampaknya akan menjadi salah satu provinsi terluas di Indonesia. 

Bahkan, wilayah Sumselbar ini lebih besar dibandingkan dengan Provinsi Bangka Belitung (Babel) dan Provinsi Bengkulu, jika delapan kabupaten/kota yang direncanakan sebelumnya benar-benar bergabung. 

Jika terwujud, luas wilayah Sumselbar hampir sepertiga dari luas Provinsi Sumatera Selatan yang saat ini mencapai 91 ribu kilometer persegi. 

Perbandingan ini sangat mencolok, terutama ketika dibandingkan dengan luas Provinsi Bengkulu yang hanya 19,9 kilometer persegi dan Provinsi Babel yang lebih kecil lagi, yakni 16.4 ribu kilometer persegi.

BACA JUGA:Waduh! 2 Provinsi Pemekaran Sumatera Selatan Sulit Terlaksana, Padahal Punya Banyak Tambang, Jangan-jangan...

BACA JUGA:Provinsi Pemekaran Sumsel Ini Bakal Jadi Provinsi Kaya Raya, Simpan Emas Dalam Hutan Seluas 90 Ribu Hektar

Dengan populasi mencapai 2.56 juta jiwa lebih, provinsi ini menempati sekitar 30 persen dari total penduduk Provinsi Sumatera Selatan yang mencapai lebih dari 8.5 juta jiwa.

Sebelumnya, banyak diwacanakan bahwa Sumselbar sudah mematangkan niatnya untuk membuat provinsi baru dengan jumlah lebih kurang sepuluh kabupaten/kota yang ikut bergabung.

Ternyata, setelah ditelusuri dari berbagai sumber, masih ada daerah yang akan melakukan pemekaran dan membuat provinsi baru di Sumsel.

Diantara provinsi baru tersebut yakni, Provinsi Sumatera Selatan Barat (Sumselbar), Provinsi Musi Raya, Provinsi Ogan Komering dan Enim (Provinsi OKE), dan Provinsi Palapa Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: