Aquaster Remake Arloji Benthos 500, Ciptakan Sejarah Baru Jam Tangan Selam dengan Benthos H1

Aquaster Remake Arloji Benthos 500, Ciptakan Sejarah Baru Jam Tangan Selam dengan Benthos H1

spesifikasi jam tangan versi ramake benthos h1--

SUMEKS.CO - Aquastar melakukan remake Benthos 500, dengan lahirnya Benthos H1 yang menjadi sejarah baru jam tangan selam.

Benthos 500 adalah jam tangan selam yang dirilis oleh Aquastar asal Swiss pada akhir tahun 1960-an, sebelum merek tersebut menjadi salah satu dari banyak korban krisis kuarsa.

Ketika Aquastar dihidupkan kembali oleh Rick Marei pada tahun 2020 dengan Deepstar, penggemar merek yang sudah lama tidak beroperasi ini segera berharap dan menyerukan kelahiran kembali lini Benthos.

Pada awal tahun 2024 menjadi waktu yang menggembirakan ketika para penggemar akhirnya melihat harapan dan impian Benthos mereka menjadi kenyataan.

BACA JUGA:Singer Meluncurkan Jam Tangan Divetrack dengan Tampilan Kronograf Berbeda

 

BACA JUGA:Terinspirasi Anime The Apothecary Diaries, Wicca Luncurkan Jam Tangan The Apothecary Diaries X Wicca

Jam tangan Benthos H1 yang dirilis pada bulan Januari adalah jam tangan selam ikonik yang hadir kembali dalam bentuknya yang paling murni menyerupai Benthos 500.

Namun demikian, jarum jam oranye besar yang terlihat seperti jarum GMT tetapi sebenarnya bukan, dan dapat dioperasikan dengan satu tombol (monopusher) untuk diaplikasikan, itu jelas tidak ada di H1 sebagai versi ramake-nya.

Kesulitan dalam merilis ulang Benthos adalah kenyataan bahwa tidak ada mesin jam modern yang tersedia secara komersial yang mendukung kombinasi fungsi kronograf sentral 60 menit dengan tata letak monopusher.

Jadi sebetulnya, dengan tidak hadirnya kronograf dengan jarum orange pada versi ramake adalah sesuatu yang dapat diampuni dan tidak perlu dibesar-besarkan, mengingat mereka masih punya banyak waktu untuk merilis versi yg lebih mutakhir.

Pembaca yang budiman, perlu diketahui bahwa nama “H1” adalah kependekan dari “Heritage Chapter 1”, jadi sudah jelas bahwa seri ini adalah revitalisasi yang mungkin akan berkelanjutan.

BACA JUGA:Apresisasi National Aeronautics and Space Administration, Casio Hadirkan Jam Tangan G-Shock DW5600 NASA

BACA JUGA:Jam Tangan Archimede Outdoor Diciptakan untuk Mereka dengan Gaya Hidup Aktif

Aquastar merilis edisi Benthos 500 Founder, dan  yang ini benar-benar nyata, sebenarnya merupakan remake 1:1 dari Benthos 500 asli.

Jam tangan ini hadir dengan casing baja tahan karat 316L 42 mm mempertahankan dimensi klasik yang ikonik, namun ketebalannya sedikit lebih kecil, yaitu hanya 15 mm.

Pemangkasan ketebalan ini telah menghilangkan ketahanan air pada jam tangan ini sebanyak 300 meter dan Benthos H1 hanya memiliki tingkat ketahanan air sedalam 200 meter saja, dari aslinya 500 meter.

Meskipun menyenangkan melihat tingkah ketahanan air sedalam 500 meter di sana demi keakuratan sejarah, atas nama ergonomi dan daya tahan, ini mungkin keputusan yang tepat.

BACA JUGA:Jam Tangan Casio Sports MDV106-1A yang Dipakai Bill Gates, Yuk Intip Spesifikasinya?

BACA JUGA:Peren Hadirkan Jam Tangan Nera Rogue BW dengan Nuansa Kontemporer

Jam tangan Benthos H1 ini hadir dalam ukuran lug-to-lug menjadi 47mm, yang tetap cukup kompak dibandingkan spesifikasi lainnya.

Selain itu terdapat kristal safir datar berlapis tiga AR yang melindungi dial jam hitam semi-mengkilap.

Dan tentu saja dial jamnya serta bezel dihiasi dengan indeks dan jarum jam yang diisi dengan Super-LumiNova yang cukup terang.

Selain itu juga diterapkan bezel keramik 120-klik searah yang menampilkan angka dan indeks yang seperti dijelaskan sebelumnya, juga dilapisi lume untuk keterbacaan dalam cahaya redup atau di kedalaman air saat menyelam.

BACA JUGA:Jam Tangan Vintage Casio JG-100: Bermain Video Game dan Walkie Talkie di Pergelangan Tangan

BACA JUGA:Oris Aquis Date dengan Kaliber 400, Jam Tangan Selam Otentik dan Kontemporer

Pada jam tangan Benthos H1 ini terdapat crown sekrup yang telah dipindahkan dari posisi jam 4 menjadi posisi jam 2 pada versi ramake-nya.

Hal ini menempatkan monopusher kronograf di posisi jam 2 yang menurut Aquastar merupakan posisi yang lebih alami untuk pengoperasian yang mudah, dan jika pada dasarnya semua kronograf lain di dunia dapat dipercaya, mereka mungkin benar.

Di bagian belakang, Kolektor akan menemukan casing belakang sekrup yang diukir dengan logo Aquastar dan tulisan BENTHOS.

Setelah tiga tahun pengembangan dan pengujian, dan bekerja sama dengan La Joux-Perret, Aquastar akhirnya mencapai tujuan tersebut. Gerakan baru ini disebut 1MPS.

BACA JUGA:Jam Tangan Casiotron TRN-50, Desain Bergaya Retro dengan Fitur Pintar

BACA JUGA: Jam Tangan Tuna Seiko Prospex SRPF81K1, Daya Tariknya Tak Terbantahkan

Mesin jam 1MPS, yang diciptakan dengan basis yang terkenal kronograf La Joux-Perret, adalah modifikasi dari arsitektur 7750 dengan roda kolom.

dilengkapi dengan jarum jam, menit dan detik yang dipasang di tengah serta jarum kronograf yang dipasang di tengah, dan ketukan pada 28.800vph dengan cadangan daya selama 60 jam.

Secara keseluruhan, inilah Benthos yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar. Dan perlu dicatat bahwa Benthos H1 ini tersedia dalam edisi terbatas sebanyak 300 unit saja.

Jam tangan Benthos H1 dipasang dengan strap karet ISOfrane dengan ukuran 22mm yang sangat fleksibel dan juga terdapat gesper pin baja.

BACA JUGA:Jam Tangan Sinn U50 Dibuat dari Baja Kapal Selam Jerman, Kuat dan Tahan Air Laut

BACA JUGA:Timex Rilis Tiga Referensi Jam Tangan Baru yang Menunjukkan Imajinasi dan Urbanitas Karya Keith Haring

Harganya juga sesuai dengan penawaran kronograf Aquastar lainnya dan menampilkan mesin jam pabrikan baru.

Tahun ini adalah tahun bersejarah dan membahagiakan, karena antara H1 dan Kronograf Benthos 500 baru ini, sejauh ini tahun 2024 telah menjadi tahun yang penuh dengan Benthos.

Jam tangan Benthos H1 ini tersedia sekarang dari Aquastar dengan harga pre-order dalam kisaran harga Rp44 jutaan.

Kemudian setelah masa pre-order, jika jam tangan Benthos ini tidak habis, maka harganya akan meningkat menjadi kisaran Rp60 jutaan untuk penjualan eceran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: