Pj Bupati OKI Pantau Distributor Pangan, Pastikan Stok dan Harga Stabil

Pj Bupati OKI Pantau Distributor Pangan, Pastikan Stok dan Harga Stabil

Pj Bupati OKI dan forkopimda cek stok sembako di distributor jelang lebaran idulfitri 1445 H. --

Pj Bupati menyampaikan, untuk beras yang harganya sudah mulai turun, yaitu menjadi Rp14.000/Kg nya, dimana sebelumnya harganya dijual eceran sebesar Rp16.000/Kg. Jadi untuk per zak nya atau per karung harganya jelas turun untuk beras ini. 

"Kita menghimbau kepada masyarakat menjelang lebaran idulfitri ini agar belanja bijak dan jangan menumpuk barang. Jadi belilah kebutuhan sembako sesuai dengan kebutuhan," paparnya. 

Sementara itu, distributor sembako Neng Ayu di Jalan Muchtar Saleh Kayuagung, Ayu mengatakan, untuk stok beras dan sembako yang ada di gudang toko nya mencukupi hingga satu bulan kedepan. 

BACA JUGA:Berbagi Berkah Ramadan, Bukit Asam (PTBA) Salurkan Bantuan untuk 106 Masjid

BACA JUGA:Waduh! Target Formasi 1 Juta PPPK Guru, Tidak Bakal Terpenuhi, Apa Penyebabnya?

"Kalau untuk beras harganya sudah turun semingguan ini. Dimana beras kemasan 10 Kg dijual Rp148 ribu kini turun menjadi Rp143 ribu. Untuk beras kemasan 5 Kg sekarang Rp73 ribu sebelumnya Rp77 ribu," jelasnya. 

Selain itu lanjut dia, untuk harga telur ayam juga sudah mengalami penurunan yaitu Rp27 ribu/Kg. Dimana sebelumnya Rp30 ribu/Kg.

"Kalau untuk saat ini permintaan dari masyarakat belum terlalu tinggi. Tetapi di pekan depan permintaan mulai ramai karena masyarakat hendak membayar zakat fitrah," tegas Ayu. 

Dia menambahkan, biasanya stok beras yang ada di gudangnya mendekati lebaran idulfitri nanti habis karena tingginya permintaan. Saat ini stok yang ada di gudang sebanyak 10 Ton. 

BACA JUGA:Pemkot Palembang Antisipasi Pungli Dalam Melayani Masyarakat, Ratu Dewa: Saya Tidak Segan, Langsung Pecat!

BACA JUGA:Wah Parah! Kadis Pariwisata OKI Komen Melecehkan Dimedsos, Warganet Minta Bupati Bertindak

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten OKI, H Alamsyah mengatakan, pengecekan stok pangan sembako ke distributor-distributor yang dilakukan untuk mengetahui ketersediaan stok sembako yang ada di pedagang-pedagang.

Apalagi ini menjelang lebaran idulfitri, dengan alasan menjelang lebaran idulfitri permintaan masyarakat tinggi akan sembako. 

"Jadi hari ini kita mengecek langsung ke distributor sembako melihat stok nya. Rupanya stok cukup dan tersedia," ucapnya. 

Ditambahkan Alamsyah, memang biasanya untuk stok aman dan tersedia, tetapi karena permintaan tinggi biasanya harganya naik. Namun, karena kemarin harga beras sudah tinggi dan sekarang ini harganya sudah turun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: