TNI dan Pemda OKI Bersatu Padu Genjot Produksi Padi, Tingkatkan Kesejahteraan Petani Melalui Program Opla

TNI dan Pemda OKI Bersatu Padu Genjot Produksi Padi,  Tingkatkan Kesejahteraan Petani Melalui Program Opla

Desa Suka Pulih, Kecamatan Pedamaran OKI ditinjau oleh Pangdam II/Sriwijaya, Pj Bupati OKI, Dandim 0402/OKI sebagai lokasi optimasi lahan. --

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Lahan pertanian di Desa Suka Pulih, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) telah ditetapkan sebagai lokasi program Optimasi Lahan (Opla) tahun 2024. Program ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut.

Program Optimasi Lahan (Opla) di Desa Suka Pulih, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) difokuskan pada lahan pertanian persawahan dengan luas 270 hektar.

Program Opla di Desa Suka Pulih, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) merupakan hasil sinergi antara Kodim 0402/OKI dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI.

Sinergi ini menunjukkan komitmen kuat kedua pihak dalam meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani di wilayah tersebut.

BACA JUGA:MENGEJUTKAN! Tak Hanya Berhenti dari Dunia Bulutangkis Profesional, Marcus Gideon Juga Mundur dari PNS

BACA JUGA:UPDATE, Pasar Ponsel Menanti Spek Gahar, Asus Zenfone 11 Ultra pada 14 Maret 2024

Program Opla di Desa Suka Pulih, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ditinjau langsung oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil didampingi Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Inf Irsyad Mahdi Pane pada hari Minggu, 10 Maret 2024.

Termasuk juga dihadiri oleh Pj Bupati OKI, Ir Asmar Wijaya MSi, kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura (KPTPH) Kabupaten OKI, dinas terkait dan lainnya. 

Disampaikan Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Yanuar Adil didampingi Dandim 0402/OKI, Letkol Inf, Irsyad Mahdi Pane, bahwa Kabupaten OKI merupakan penghasil beras terbesar ke-3 di Sumatera Selatan (Sumsel). Yakni banyak memiliki lahan pertanian sawah yang tersebar di beberapa Kecamatan.

Maka oleh karena itu, perlu adanya program Optimasi Lahan. Ini bertujuan dapat meningkatkan produksi pangan dengan pengolahan lahan tepat dan benar.

BACA JUGA:Besok Malam, Diprediksi Mulai Salat Tarawih, Ini Jadwal Berbuka Puasa Ramadan 1445 Hijriyah di Ogan Ilir

BACA JUGA:Srikandi TP Sriwijaya Adakan Deklarasi, Orasi dan Pengumpulan 1000 Tanda Tangan untuk Indonesia Damai

"Walaupun Kabupaten OKI penghasil beras terbesar, tetapi tetap masih terdapat kendala disegi lahan pertanian. Jadi perlu ada Opla," ungkap Pangdam. 

Lanjutnya, dengan adanya program optimasi lahan di Desa Suka Pulih ini, maka akan menjadi  motor penggerak bagi pelaksanaan dan peningkatan produktivitas pertanian khusus padi dan tanaman lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: