Nyaris Kurang, Puncak Ziarah Kubro di Palembang Habiskan 1 Ton Beras dan 8 Kuintal Kambing

Nyaris Kurang, Puncak Ziarah Kubro di Palembang Habiskan 1 Ton Beras dan 8 Kuintal Kambing

Panitia Ziarah Kubro menyiapkan 1 ton nasi minyak dan 8 kwintal gulai kambing untuk peserta ziarah, Minggu 3 Maret 2024.-Arif-

SUMEKS.CO - Sebanyak satu ton nasi minyak disiapkan untuk konsumsi pada puncak Ziarah Kubro yang digelar Minggu, 3 Maret 2024

Nasi minyak dan 8 kuintal gulai Kambing yang disediakan panitia ludes disantap peserta ziarah yang hadir, bahkan nyaris kurang.

"Persediaan nasi minyak 1 ton sudah habis, bahkan hampir kurang mengingat para peserta ziarah tidak semuanya makan, sebagian ada yg langsung pulang. Jika semua peserta ikut makan persediaan konsumsi pasti kurang," kata Ketua Panitia Konsumsi Ziarah Kubro Kambang Koci, Syukri.

Menyantap nasi minyak dengan lauk gulai kambing menjadi bagian acara puncak Ziarah Kubro di Palembang, setiap tahunnya.

BACA JUGA: Kawah Tekurep dalam Rangkaian Kegiatan Haul dan Ziarah Kubro 2024, Hari Ketiga Dibanjiri Ribuan Peziarah

Terlihat para peziarah begitu menikmati makan siang dengan menu khas tersebut.

Selain itu juga ada menu tambahan lain seperti sop dan bubur arab, dan ada juga minuman khusus yaitu teh arab.

“Alhamdulillah acara telah terlaksana dengan sukses, dan cuaca juga cukup mendukung, diawali dengan sedikit gerimis waktu pagi dan pada puncak acara cuaca sudah cerah,” jelas Syukri

Pada acara makan bersama nasi beserta lauk disajikan dalam satu nampan yang dinikmati empat sampai lima orang peziarah. Meski dihadiri ribuan orang, namun saat acara makan-makan berlangsung semuanya tertib dan bersih.

BACA JUGA: Hadiri Puncak Ziarah Kubro Ulama dan Auliya Palembang Darussalam, Ratu Dewa Sampaikan Pesan Ini

Sebagai informasi, sesi pertama dalam rangkaian Haul dan Ziarah Kubro pada hari ketiga ini, ziarah dilakukan di komplek pemakaman Kawah Tengkurep dan selanjutnya Kambang Koci.

Acara puncaknya adalah di Kambang Koci dengan beberapa penampilan, doa taushiah dan beragam atraksi. Setalah itu ditutup dengan menyantap nasi minyak.

Selanjutnya pada sesi kedua yaitu pada pukul 16.00 rombongan akan melanjutkan perjalanan wisata bahari melintasi Sungai Musi dengan kapal pariwisata.

Wisata bahari akan dimulai dari Benteng Kuto Besak sebagai rute penjemputan awal, kemudian kapal akan berlayar ke Pulau Kemaro, terakhir ke Makam Kiyai Marogan.

BACA JUGA: Puncak Ziarah Kubro Ulama dan Auliya Diguyur Hujan, Ribuan Peziarah Tetap Khidmat

BACA JUGA: Eksekusi Haul dan Ziarah Kubro Hari Kedua, Warga Palembang Diminta untuk Menghindari Jalan Ini

Makam Kiyai Marogan sendiri terdapat di Masjid Ki Marogan yang berada di pesisir Sungai Musi yang berlokasi di Jl. Kimarogan, Kecamatan Kertapati, Palembang, Sumatera Selatan.

Pada tahun ini, kegiatan Haul dan Ziarah Kubro digelar selama 3 hari berturut-turut yang telah dimulai dari hari Jumat 1 Maret 2024 hingga puncak acara pada Minggu 3 Maret 2024.

Seperti biasanya, kegiatan Haul dan Ziarah Kubro Palembang ini masih menampilkan ribuan jamaah muslim dari berbagai penjuru negeri.

Termasuk negara-negara serumpun melayu yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Thailand.

BACA JUGA: Rute Hari Kedua Hujan, Haul dan Ziarah Kubro Palembang di Kompleks Pemakaman Ini Dipadati Ribuan Peziarah

BACA JUGA: Ribuan Jemaah Haul dan Ziarah Kubro Palembang Darussalam 2024 Padati Gubah Babussalam Komplek Assegaf

Tidak hanya dari serumpun Melayu, namun datang dari luar negeri seperti dari negara Hardamaut Yaman, Mekkah, Madinah serta negara Islam lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: