Bukan Hanya Hari ini Palembang Diguyur Hujan Seharian, BMKG Prediksi Sampai Besok! Simak Penyebabnya

Bukan Hanya Hari ini Palembang Diguyur Hujan Seharian, BMKG Prediksi Sampai Besok! Simak Penyebabnya

Hujan seharian di Palembang mengakibatkan beberapa jalan tergenang air pada Sabtu 2 Maret 2024--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kota Palembang pada hari ini, Sabtu 2 Maret 2024 mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang sejak pagi hingga sore.

Mengenai hal itu, Kepala Stasiun Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Siswanto MSi menjelaskan berdasarkan analisis dinamika atmosfer terbaru, dapat diungkapkan bahwa cuaca di Sumsel cenderung mendung dan hujan sepanjang hari.

"Hal ini disebabkan oleh aliran massa udara di wilayah Indonesia yang didominasi oleh angin baratan, dengan kecepatan berkisar antara 5-10 knot," jelasnya pada Sabtu 2 Maret 2024 sore.

Dikatakan Siswanto, dampaknya terjadi saat kelembaban udara mencapai 75 -100 persen menandakan kelembaban yang tinggi dengan potensi pembentukan awan konvektif.

BACA JUGA:BMKG Imbau Warga Tidak Terobos Hujan Petir, Simak Penjelasannya

Selain itu, pola konvergensi dan belokan angin diperkirakan tetap terjadi di sepanjang equator, termasuk wilayah Sumatera Selatan secara umum.

"Pusat tekanan rendah di perairan barat Sumatera memantau dinamika atmosfer yang memicu cuaca berawan dan hujan di beberapa daerah Sumatera Selatan sejak pagi hingga sore," katanya.

Lanjut Siswanto menuturkan, cuaca hujan dan gerimis di Sumsel diprediksi akan berlanjut hingga besok, memerlukan kewaspadaan masyarakat terhadap kondisi cuaca yang mendung dan gerimis.

Pada dasarian kedua Maret 2024, intensitas curah hujan diperkirakan akan meningkat dibandingkan bulan Februari 2024.

BACA JUGA:Pemilu 2024 di Sumsel Akan Dibarengi Hujan Lebat, Panitia TPS Diminta Waspada, BMKG: Perlu Rekayasa Lingkungan

Curah hujan yang tinggi masih berpotensi di Sumatera Selatan, di mana hujan cenderung antara normal hingga atas normal.

"Curah hujan di atas normal berarti jumlah hujan di suatu daerah dapat mencapai 15-30 persen lebih banyak dari nilai normalnya atau rata-ratanya," tuturnya.

Kendati itu Siswanto mengimbau masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana hidrometeorologi.

Seperti hujan intensitas sedang hingga lebat yang bisa disertai angin kencang dan sambaran petir.

BACA JUGA:BMKG Memprakirakan 55 Persen ZOM Memasuki Musim Penghujan, Sumsel Berpotensi Hujan Sedang - Lebat

Banjir dan genangan masih berpotensi di beberapa wilayah Sumatera Selatan karena pori-pori tanah sudah sangat jenuh.

"Jika hujan terjadi, bisa menyebabkan limpasan air dan berpotensi menimbulkan banjir. Bahkan, terdapat potensi gerakan tanah longsor di kawasan dengan kemiringan lereng terjal yang ditopang oleh formasi batuan yang tidak kompak," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: