Batik Banyuasin Berpadu Jumputan, Ciptakan Karya Unik Bernilai Tinggi

Batik Banyuasin Berpadu Jumputan, Ciptakan Karya Unik Bernilai Tinggi

Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) Kabupaten Banyuasin mengadakan pelatihan pembuatan batik Banyuasin Kolaborasi Jumputan.--

Oleh karena itu pemerintah Kabupaten Banyuasin mendorong dan membantu mengembangkan kreativitas para pelaku UMKM salah satunya menyelenggarakan kegiatan ini.

"Agar mereka memiliki ilmu dan keterampilan untuk menjadi pengrajin batik yang mandiri, terampil dan inovatif, " tegasnya.

BACA JUGA:Berperan Sebagai Mafia, Dian Sastro Tunjukkan Sisi Berbeda Dirinya Dalam Series Ratu Adil

BACA JUGA:Menang 2 Kali! Widodo Cahyono Putro Selamatkan Arema FC dari Zona Degradasi

Lebih lanjut Merry menambahkan Batik Banyuasin dalam perkembangan telah memiliki berbagai  motif dengan keunikan tersendiri diantaranya Motif pusake tahun 2014 melalui sayembara perlombaan dan di tahun 2016 menjadi seragam batik Pemerintah Kabupaten Banyuasin baik OPD maupun sekolah-sekolah. 

Kemudian Motif Pusake lereng tahun 2019, motif Rampai diperkenalkan tahun 2021, motif Rampai Painting dan Rampai Pedade tahun 2022, motif Pusake Pedade tahun 2023 dan tahun 2024 ini.

"Itu semua memiliki ciri khas kearifan lokal," pungkasnya. 

Alpian Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyuasin mengatakan diharapkan pelaku UMKM dapat memiliki ilmu dan keterampilan untuk menjadi pengrajin batik yang mandiri, terampil dan inovatif melalui kegiatan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: