Batik Banyuasin Berpadu Jumputan, Ciptakan Karya Unik Bernilai Tinggi

Batik Banyuasin Berpadu Jumputan, Ciptakan Karya Unik Bernilai Tinggi

Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) Kabupaten Banyuasin mengadakan pelatihan pembuatan batik Banyuasin Kolaborasi Jumputan.--

BANYUASIN, SUMEKS.CO -  Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) Kabupaten Banyuasin mengadakan pelatihan pembuatan batik Banyuasin Kolaborasi Jumputan. Pelatihan ini bertempat di Galeri Wong Kito, Palembang.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para pengrajin batik Banyuasin dalam teknik jumputan.

Kolaborasi antara batik Banyuasin dan teknik jumputan diharapkan dapat menghasilkan karya batik yang unik dan bernilai tinggi, serta menjadi ciri khas daerah Banyuasin.

Pelatihan pembuatan batik Banyuasin Kolaborasi Jumputan di Galeri Wong Kito, Palembang, pada Selasa 27 Februari 2024 dibuka langsung oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Banyuasin, H Merry Hani Rustam.

BACA JUGA:KUR Mandiri 2024 Syaratnya Apa Saja? Cek Informasi Pengajuannya Disini

BACA JUGA:Disdikbud Ogan Ilir Bakal Terbitkan Surat Edaran Terkait Penyelenggaran Perpisahan di Sekolah

Beliau didampingi oleh Alpian, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyuasin, serta pejabat terkait lainnya.

"Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi dan wawasan kepada peserta di Kabupaten Banyuasin, mengenai bagaimana ilmu dan keterampilan dalam hal membatik bagi para pemula," kata Ketua Dekranasda Kabupaten Banyuasin H Merry Hani Rustam. 

Kemudian bagaimana peserta mengkolaborasikan batik itu dengan jumputan, sehingga dapat menerapkannya dan menciptakan pengrajin batik yang kreatif, inovatif, mandiri dan mampu berdaya saing.

Diakui Merry Hani Rustam pesatnya perkembangan batik saat ini dapat kita sikapi dengan terus berupaya untuk selalu mengikuti trend yang selalu berubah-ubah dalam kurun waktu yang sangat singkat. 

BACA JUGA:Polwan Cantik yang Digendong Kapolres Ogan Ilir Dulu, Kini Jabat Kasatlantas Polrestabes Palembang

BACA JUGA:Viral, Dokter di Kediri Ini Obati Pasien dengan Cara Unik, Banjir Pujian dari Warganet

"Sehingga dituntut para UMKM pengrajin batik ke depannya  terus berinovasi dan berkarya dalam menciptakan motif-motif batik baru yang ramah lingkungan dan memiliki ciri khas kearifan lokal, "terangnya.

seiring dengan era globalisasi saat ini, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat, UMKM dituntut untuk dapat bersaing baik dalam hal kreatifitas produk, dan jaringan pemasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: