Digelar Pada Awal Maret di Indonesia, F1 Powerboat 2024 Akan Diikuti 18 Pembalap Dari 9 Tim

Digelar Pada Awal Maret di Indonesia, F1 Powerboat 2024 Akan Diikuti 18 Pembalap Dari 9 Tim

Ajang balap air yang dikenal dengan nama F1H2O atau F1 Powerboat 2024 kembali digelar di Indonesia pada awal Maret 2024--dok :sumeks.co

SUMEKS.CO - Ajang balap air yang dikenal dengan nama F1H2O atau F1 Powerboat 2024 kembali digelar di Indonesia pada awal Maret 2024.

Acara ini akan kembali digelar pada tanggal 2 hingga 3 Maret di Balige, Kabupaten Toba. Balapan ke-300 ini akan menampilkan beberapa pemandangan menarik.

Dikutip dari berbagai sumber, tahun ini akan diikuti 18 pembalap dari 9 tim seperti yang disampaikan Samsul Purba, Deputy CEO MGPA F1 Powerboat Danau Toba 2024.

Seperti tahun lalu, seri Danau Toba merupakan seri pembuka kalender F1H2O 2024. Powerboat F1 memberikan dampak positif bagi masyarakat Sumatera Utara khususnya wilayah Danau Toba.

BACA JUGA:Erik ten Hag Tetap Pede Meski MU Alami Delapan Kekalahan di Laga Kandang Musim Ini

Termasuk mendorong pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata Danau Toba. Selain itu, usaha kecil dan menengah di sekitar lokasi juga turut andil dalam mensukseskan kegiatan ini.

Tahun lalu, dampaknya terhadap usaha kecil dan menengah juga besar. Gelaran motorboat F1 berskala besar mungkin menjadi pemicu munculnya event internasional lainnya di Sumut, khususnya di kawasan Danau Toba.

Dengan begitu, jumlah wisatawan ke Sumatera Utara pasti akan meningkat. Pada Sabtu 24 Februari 2024, Para pembalap mulai berdatangan. Salah satunya adalah Jonas Andersson dari Swedia.

Jonas Andersson juga merupakan Juara Dunia Powerboat F1 2023, atau juara bertahan.

BACA JUGA:Digujur Hujan, Skor 1-1 Antara Semen Padang vs Malut United Babak Semi-Final Pegadaian Liga 2

Selain itu, Lavinia Sanzovo dan Alessandro Cavellero, tim resmi H2O Management, penyelenggara internasional F1 Powerboat, juga tiba di Sumatera Utara.

Setibanya di Raja Sisingamangarajah, pembalap lain akan bergantian mulai Minggu 24 Februari hingga Jumat 1 Maret 2024.

InJourney dan pemangku kepentingan berusaha untuk menyediakan acara perahu motor F1 sebaik mungkin, memungkinkan pembalap untuk bersaing dengan baik dan penonton dapat menikmati acara olahraga tersebut.

Perairan internasional InJourney ini memanfaatkan sinergi dan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan untuk mempersiapkan kedatangan pembalap dan kru.

BACA JUGA:Siap Tempur di Laga Semi Final Pegadaian Liga 2, Antara Malut United v Semen Padang FC Live di Sini

Mulai dari penjemputan di bandara hingga tiba di akomodasi Anda. Pembalap Swedia, Jonas Andersson, juara bertahan F1 Powerboat UIM World Championship 2023, sudah menjadi salah satu pebalap terkemuka di Indonesia.

Andersson mengungkapkan kegembiraannya bisa kembali berkompetisi di Danau Toba.

Dia sangat terkesan dengan kompetisi tahun lalu dan berharap bisa sukses lebih lanjut di F1 Powerboat Danau Toba 2024.

Skema F1 Powerboat 2024

BACA JUGA:Inilah Sosok Mario Fabio Londok Pahlawan PSBS Biak, Sebelum Tepis Penalti Ferdinand Sinaga Pernah Blokir Boaz

1. Jajaran pembalap sebagian besar tidak berubah dibandingkan tahun lalu.

Jajaran pembalap tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Salah satu tim yang diakuisisi Vietnam, Team Binh Do Dinh Vietnam, hanya mengalami satu pergantian.

Tim ini diperkuat oleh juara dunia Jonas Andersson dari Swedia, dan Stefan Aland dari Swedia juga masuk starting lineup.

Selain aspek teknis, Partai juga belajar dari pengalaman tahun lalu. Saat ini, permulaannya tertunda karena angin.

BACA JUGA: Bye-Bye Bayern! Zidane Lebih Pilih Setir Juventus Ketimbang Gantikan Tuchel

Rencana untuk menggelar dua seri balapan gagal karena cuaca, sehingga hanya tersisa satu seri.

Tahun ini kami menyelidiki Danau Toba saat angin bertiup kencang di siang hari. Oleh karena itu, panitia memutuskan untuk memindahkan kejuaraan ke pagi hari.

Karena air masih tenang di pagi hari, Powerboat F1 akan selesai sebelum jam 12 siang dan dilanjutkan ke Kejuaraan Nasional Jet Ski Aquabike 2.

2. Rutenya dikatakan lebih dekat ke daratan Selain itu, menurutnya rutenya tidak akan banyak berubah.

BACA JUGA:Nah Lho! Tak Bisa Diandalkan, Chelsea Ingin Jual Mykhailo Mudryk Musim Panas Ini

Pihak panitia hanya punya rencana untuk berubah agar lebih dekat dengan daratan. Tahun ini, pihaknya berencana membuat pengamanan lebih longgar dan terbuka sehingga pengawasan terhadap warga lebih baik.

Tahun ini kejuaraan tersebut digabung dengan Kejuaraan Nasional Aquabike Jet Ski. Terkait Kejurnas Aqua Bike, panitia mendapat informasi ada 18 pebalap dari 9 tim yang sudah memastikan keikutsertaannya.

Pada tahun juga diadakan acara balap lokal untuk menghidupkan kembali tradisi Batak yaitu Lomba Perahu Naga.

3. Upaya peningkatan kejuaraan semakin meningkat setiap tahunnya hingga tahun 2027.

BACA JUGA:Liverpool Angkat Trofi Pertama Musim Ini, Final Carabao Cup Virgil van Dijk Jadi Pahlawan

Direktur Program Pemasaran dan Pariwisata Injourney, mengatakan Danau Toba akan menjadi pusat perhatian di masa depan.

Balap perahu motor F1 akan terus digelar di Indonesia hingga tahun 2027. 180 juta orang di seluruh dunia akan menonton acara ini.

Sebelumnya, Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf), dalam sesi Zoom virtual mengatakan, acara tersebut dapat memberikan efek sinergis terhadap perekonomian nasional dan daerah.

Yang paling penting adalah mencapai 20 sampai 25 persen dari tujuan.

BACA JUGA:DRAMATIS! Hasil Putaran Pertama Semifinal Pegadaian Liga 2, Persiraja vs PSBS Biak Berakhir 1-1

Pihaknya juga terus memberikan pelatihan kepada pihak-pihak yang berkecimpung di industri kreatif kawasan Danau Toba, antara lain kuliner, kerajinan, dan produk fesyen.

Sementara itu, Bapak Muhammad Armando Effendi Pohan, salah satu staf Gubernur yang ahli di bidang hukum, politik.

Pemerintahan mengatakan, diselenggarakannya acara ini tentunya akan sangat mendukung pertumbuhan perekonomian khususnya di sektor pariwisata. Termasuk perekonomian regional tujuh kotamadya di sekitar Danau Toba.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: