Gegerkan Dunia! Penemuan Piramida Toba di Sumatera Utara, Konon Berumur Lebih Tua Dari Piramida Mesir

Gegerkan Dunia! Penemuan Piramida Toba di Sumatera Utara, Konon Berumur Lebih Tua Dari Piramida Mesir

--

SUMEKS.CO - Geger penemuan sebuah situs arkeologi kuno diduga sebuah bangunan Piramida kuno yang konon lebih tua dari Piramida Mesir disekitar kawasan perbukitan Danau Toba Provinsi Sumatera Utara.

Penemuan bangunan arkeologi tersebut, mengingatkan pada Piramida lainnya yang juga terdapat di Indonesia seperti di Gunung Pada Cianjur Provinsi Jawa Barat.

Dihimpun dari berbagai sumber, Selasa 30 September 2023 penemuan Piramida Toba beberapa waktu lalu ditemukan oleh seorang peneliti secara tidak sengaja.

Hal itu diungkapkan oleh seorang Profesor Riset dari Pusat Riset Kebencanaan Geologi di BRIN Danny Hilman Natawidjaja, mengaku penemuan Piramida Toba saat sedang meneliti jalur gempa dikawasan tersebut.

BACA JUGA:Kisruh Pewarna Karmin Terjawab Sudah, Ketua MUI Bidang Fatwa Tegas Nyatakan Halal dan Aman Dikonsumsi

Dikatakan Danny, bahwa sebenarnya penemuan Piramida Toba tersebut sudah sejak satu tahun belakangan ini, namun di publish baru beberapa waktu belakang.

Menurutnya, diduga Piramida Toba ini sudah berusia lebih dari ribuan tahun yang merupakan bangunan peninggalan kebudayaan masa megalitikum.

Diketahui masa megalitikum mempunyai ciri bangunan yang berisi batu besar sebagai konstruksi utama bangunan.

Adapun periode megalitikum adalah periode dalam sejarah manusia yang terjadi pada era 4.000 hingga 2.500 tahun Sebelum Masehi.

BACA JUGA:Yogurt Dan Yakult Haram Dikonsumsi, Kyai Marzuqi Sebut Mengandung Pewarna Merah Karmin, Warganet Bingung

Masih dikatakan Danny, Piramida Toba terdiri dari batu-batu besar yang disusun secara rapi, dengan tinggi sekitar 120 meter. Batu-batu penyusunnya banyak yang sebesar kerbau.

Lebih lanjut diterangkan Danny, penemuan Piramida Toba saat ini hanya setengah bodi saja yang menempel ke bukit, dengan struktur baru berpori yang diperkirakan berumur 74.000 tahun.

Uniknya, kata Danny penduduk sekitar Danau Toba menjuluki Piramida itu sebagai huruf A, karena diduga dari kejauhan struktur susunan batu membentuk segitiga layaknya huruf A.

"Piramida Toba sangat berpotensi untuk menjadi ikon wisata Toba dan jadi kebanggaan. Selanjutnya perlu diteliti lebih lanjut: siapa yang bangun? Untuk apa? Bagaimana kaitannya dengan sejarah nenek moyang Toba?” tukas Danny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: