Jangan Dibuang! Berikut 6 Manfaat Mengkonsumsi Biji Cempedak untuk Kesehatan Tubuh

Jangan Dibuang! Berikut 6 Manfaat Mengkonsumsi Biji Cempedak untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat mengkonsumsi biji cempedak untuk kesehatan tubuh --

Jangan Dibuang! Berikut ini 6 Manfaat Mengkonsumsi Biji Cempedak untuk Kesehatan Tubuh

 

SUMEKS.CO - Siapa yang sering membuang biji cempedak? Mulai sekarang jangan dibuang lagi, karena biji cempedak juga mempunyai berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

 

Cempedak merupakan jenis buah-buahan tropis yang nikmat disantap dan populer di Indonesia. tak hanya daging buah cempedak yang lezat, namun biji cempedak yang direbus juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh.

 

Biji cempedak diperkaya dengan beragam kandungan nutrisi, diantaranya antioksidan sehingga dilengkapi dengan sejuta manfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh serta dapat mengatasi berbagai risiko gangguan kesehatan.

 

BACA JUGA: Jarang Tahu! Yuk Simak Manfaat Buah Cempedak Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Risiko Stroke

 

 

Biji cempedak dapat diolah dengan cara drrebus. Cucilah biji cempedak sampai bersih lalu rebus sekitar 20 sampai 30 menit ataupun sampai biji cempedak tersebut menjadi lunak.

 

Lalu, sebenarnya apa saja manfaat yang terkandung dalam biji buah cempedak ini? Dilaporkan dari berbagai sumber, berikut nilai tambah yang bisa didapat dari biji cempedak rebus untuk kesehatan:

 

1. Dapat menjadi sumber serat

 

Biji buah cempedak dapat menjadi sumber serat yang sangat dibutuhkan tubuh. Biji cempedak rebus mengandung sumber serat yang baik. 

 

BACA JUGA: Sumber Energi yang Kaya Serat, Ini 7 Manfaat Granola untuk Kesehatan

 

Kandungan serat dapat membantu sistem pencernaan, mencegah terjadinya sembelit, serta dapat menjaga kesehatan dari organ perut.

 

Konsumsi serat pun bermanfaat untuk membantu mengendalikan berat badan serta kadar gula darah, sehingga mengkonsumsi biji cempedak yang sudah direbus dapat menjadi menu diet yang cukup optimal.

 

2. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh

 

BACA JUGA: Cegah Demam! Ini 4 Tips yang Perlu Dilakukan setelah Kehujanan, Jaga Daya Tahan Tubuh Tetap Sehat

 

Biji cempedak bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh jadi lebih kuat. Sebab biji cempedak ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi, vitamin, mineral dan banyak kandungan lainnya.

 

Kandungan antioksidan, termasuk senyawa fenolik dan flavonoid bermanfaat jntuk menetralkan radikal bebas berbahaya, mengurangi stres oksidatif, serta dapat mencegah kerusakan sel.

 

Tak hanya itu, biji cempedak juga memiliki sifat anti mikroba, yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari risiko bakteri, jamur dan virus.

 

BACA JUGA: Ikuti 5 Tips Ini untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Tetap Sehat dan Bugar saat Perayaan Imlek

 

Sebagai sumber mineral, biji cempedak mengandung mineral esensial seperti seng yang bermanfaat dalam mendukung perkembangan serta fungsi sel imun.

 

Zat besi bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah serta sel darah putih, sebagai antioksidan sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh.

 

3. Dapat mengobati penyakit malaria

 

Biji cempedak memiliki sifat sntimalaria karena mempunyai kandungan senyawa bioaktif misalnya alkaloid, flavonoid, dan saponin.

 

BACA JUGA:6 Buah-Buahan Tinggi Protein, untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

 

 

Senyawa ini merupakan antioksidan yang memiliki sifat antimikroba sehingga memiliki fungsi penting dalam melawan parasit malaria.

 

Efek imunomodulator, malaria sebagai pemicu respon imun tak hanya efeknya pada sel merah, namun efek imunomodulator yang ada pada biji cempedak melalui respon sistem imun serta penguatan pada sistem pertahanan tubuh terhadap pemicu malaria.

 

4. Dapat menjaga kesehatan jantung 

 

Manfaat dari biji cempedak selanjutnya yaitu dapat menyehatkan jantung, karena biji cempedak diperkaya dengan kandungan karbohidrat alami.

 

BACA JUGA:10 Tips Menjaga Kesehatan Jantung, Diantaranya Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol

 

5. Dapat menjaga kesehatan otak

 

Biji cempedak diketahui juga mempunyai manfaat menjaga kesehatan organ otak. Hal ini dikarenakan biji cempedak memiliki kandungan senyawa yang dapat mengatasi terjadinya penurunan pada kinerja otak.

 

Biji cempedak pun sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak karena dapat bermanfaat untuk tumbuh kembang dari si kecil.

 

6. Dapat menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh

 

BACA JUGA:Rutin Melakukan 5 Gerakan Senam Otak Dapat Meningkatkan Kreativitas dan Konsentrasi, Simak Cara Melakukannya

 

 

Biji cempedak memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga mampu menjaga kesehatan dari otak dalam tubuh.

 

Mengkonsumsi Biji cempedak akan bermanfaat untuk membuat sel-sel dalam tubuh lebih mudah melakukan regenerasi yang akan membuat kesehatan tubuh pun terjaga.

 

Biji cempedak bermanfaat untuk mencegah munculnya risiko sel kanker serta kerusakan pada sel-sel dalam tubuh.

 

BACA JUGA:Coba 5 Minuman Alami Ini, Kesehatan Prima Daya Tahan Tubuh Kuat, No 5 Konsumsi Harian Tapi Kok?

 

 

Nah, itulah 6 manfaat biji cempedak yang mungkin jarang orang ketahui. Mulai sekarang jangan buang biji cempedak lagi, lebih baik dikonsumsi dan rasakan beragam manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: