10 Tips Menjaga Kesehatan Jantung, Diantaranya Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol

10 Tips Menjaga Kesehatan Jantung, Diantaranya Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol

Ilustrasi--net

SUMEKS.CO - Serangan jantung merupakan salah satu  penyakit  yang sangat berbahaya dan  memiliki dampak serius terhadap keselamatan seseorang.

Menjaga kesehatan jantung tentu sangat diperlukan agar terhindar dari  risiko serangan jantung.

Banyak sumber menyebutkan ada 10 cara ampuh untuk mencegah sakit jantung yang dapat dicoba di rumah, agar kesehatan  jantung tetap sehat.  

Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung? Berikut ulasannya :

BACA JUGA:Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Jaga Kesehatan Jantung dan Lambung

1. Makan Makanan Sehat

Pertama yang dilakukan agar terhindar dari serangan jantung adalah pilihlah makanan yang rendah lemak jenuh, kolesterol, dan garam.

Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, protein, biji-bijian, hingga makan rendah lemak seperti ikan, sehingga akan dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

2. Olahraga Teratur

BACA JUGA:Aktivitas Warga yang Olahraga Jogging di Area PTC Mall Palembang, Makin Ramai

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah  lakukan aktivitas fisik secara rutin, melalukan olahraga ringan sangat penting bagi kesehatan jantung.

Luangkan waktu untuk berolahraga setidaknya 30 menit dalam sehari, seperti bersepeda, renang,  yoga atau olahraga lainnya yang mudah dilakukan. Aktifitas fisik sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Jaga Berat Badan Ideal

Berat badan tidak proposional atau obesitas meningkatkan risiko serangan   jantung.

BACA JUGA:PENTING! Begini Cara Mengukur Berat Badan yang Ideal

Selalu pertahankan berat badan dengan mengkonsumsi makan sehat dan rutin olahraga. Dengan tubuh yang sehat dapat meminimalisir terjadi serangan jantung. 

4. Hindari Merokok

Merokok mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia namun perlu diketahui, merokok sangat tidak baik untuk kesehatan termasuk salah satunya memperbesar risiko utama penyakit jantung.

Jika kalian masih merokok segeralah  berhenti dan hindari paparan asap rokok untuk perokok pasif.

BACA JUGA:WOW! Bisa Bikin Wajah Glowing, Jantung dan Tulang Sehat, Sering Dibuang, dr Zaidul Akbar Kupas Manfaatnya

5. Kontrol Tekanan Darah

Selalu perhatian tekanan darah karena jika tekanan darah tinggi berakibat  merusak pembuluh darah dan menyebabkan masalah jantung, termasuk serangan jantung.

Pantau tekanan darah secara teratur dan ikuti saran dokter untuk menjaga  batas normal tekanan darah

6. Kelola Stres

BACA JUGA:Jika Jantung Anda Ingin Sehat, Jangan Ragu Konsumsi 3 Minuman Ini

Hindari Stres apalagi hingga kronis, karena dapat menyebabkan risiko serangan jantung. Lakukan aktivasi agar terhindar dari stres, seperti olahraga atau  hobi yang menyenangkan.

7. Batasi Konsumsi Alkohol

Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat memperbesar resiko serangan jantung. Mulai sekarang stop mengkonsumsi minum alkohol.

8. Kenali Gejala Sakit Jantung

BACA JUGA:Rawat Jantung Anda dengan Mengonsumsi 5 Buah ini

Langka selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kenali gejala sakit sakit jantung seperti, nyeri dada hingga separuh badan, sesak napas, badan lemas dibarengi dengan pusing.

Jika terdapat tanda-tanda tersebut segeralah periksa oleh dokter, atau klinik tedekat agar dapat meminimalisir terjadinya serangan jantung.

9. Hindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi terutama pendeta serangan jantung, karena minuman bersoda sangat tinggi gula sehingga tidak baik dikonsumsi.

BACA JUGA:Rempah ini Bantu Pelihara Kesehatan Jantung dan Atasi Kolesterol

Ada baiknya minum air putih atau jus buah saja karena jelas lebih sehat karena rendah gula dan tentu dapat terhindar resiko sakit jantung.

Dengan memperhatikan gaya hidup sehat dapat mengurangi risiko serangan jantung serta meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Ingatlah bahwa pencegahan selalu lebih baik dari pada mengobati, menjaga kesehatan jantung harus menjadi prioritas utama dalam hidup. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: