Shin Tae-yong Dapat Tawaran Baru dari Berbagai Negara, Begini Tanggapan PSSI

Shin Tae-yong Dapat Tawaran Baru dari Berbagai Negara, Begini Tanggapan PSSI

Shin Tae-yong--dok sumeks.co

Shin Tae-yong Dapat Tawaran Baru dari Berbagai Negara, Begini Tanggapan PSSI

SUMEKS.CO - Usai mengantarkan Timnas Indonesia ke babak 16 besar untuk pertama kalinya di Piala Asia 2023, Shin Tae-yong mengungkap dirinya mendapat tawaran melatih timnas dari negara lain.

Pelatih berusia 54 tahun itu mengumumkan hal tersebut kepada media Korea Spotters Kyunghyang pada 29 Januari 2024 di sebuah hotel di Doha, Qatar.

Kontrak Shin Tae-yong dengan squad Garuda berlaku hingga Juni 2024, namun telah diperpanjang enam bulan dan dijadwalkan berakhir pada Desember tahun lalu. Sejauh ini belum ada tanda-tanda PSSI akan diperpanjang lagi.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengomentari kabar Shin Tae-yong akan mundur sebagai pelatih kepala timnas Indonesia. Dirinya menegaskan akan tetap profesional dalam hal ini.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Terhenti di 16 Besar Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Apresiasi Perjuangan Anak Asuhnya

Shin Tae-yong baru-baru ini mengumumkan beberapa berita mengejutkan. Sang pelatih mengatakan dalam wawancara dengan saluran media Korea Selatan Sports Khan bahwa dia telah menerima tawaran untuk melatih tim nasional lain.

Berita ini jelas merupakan gosip. Pasalnya, banyak petinggi yang menginginkan pelatih berusia 54 tahun itu tetap menjadi kapten timnas Indonesia, apalagi setelah mengantarkan tim Garuda ke babak 16 besar Piala Asia.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir membenarkan dirinya mendengar kabar Shin Tae-yong direkomendasikan timnas lain.

Meski demikian, ia menegaskan tak terburu-buru memperpanjang kontrak dengan pelatih asal Korea tersebut.

BACA JUGA:Piala Asia 2023! Menghadapi Australia, Shin Tae-yong Berharap Keajaiban Datang di Indonesia

Namun, kesepakatan antara PSSI dan STY yang kontraknya akan berakhir Juni ini memiliki dua syarat: lolosnya timnas senior ke babak 16 besar Piala Asia kemarin, dan lolosnya timnas muda ke delapan besar Piala Asia U23.

PSSI mengaku punya komitmen dan kemudian akan membahas perpanjangannya hingga 2027.

Dalam kesempatan yang sama, Erick Thohir mengaku puas dengan penampilan Shin Tae-yong memimpin timnas Indonesia.

Piala Asia U-23 sendiri akan digelar pada 15 April hingga 3 Mei 2024. Timnas U-23 Indonesia akan melawan Qatar, Australia, dan Yordania untuk memperebutkan satu tempat di final.

BACA JUGA:Telan Kekalahan 1-3 dari Jepang di Piala Asia 2023, Performa Timnas Indonesia Makin Berkembang

Penggemar timnas mendesak PSSI untuk mempertahankan Singh, mengingat penampilannya selama empat tahun terakhir sangat bagus.

Standarnya Indonesia melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Namun, sebagai seorang profesional, Sin juga berhak bernegosiasi dengan klub dan tim nasional lain, kecuali dia sudah menyetujui kontrak baru.

Dalam konteks ini, Sin pekan lalu mengonfirmasi bahwa dia telah menerima tawaran untuk melatih tim nasional lain.

Sin bisa saja membayar denda dan keluar dari timnas Indonesia, namun mengaku ragu melakukannya. Sin telah memutuskan untuk menghormati kontraknya selama enam bulan ke depan.

BACA JUGA:Shin Tae-Yong Yakin Squad Garuda Lolos 16 Besar Piala Asia 2023

Pasalnya, Sin masih mengemban tugas membawa Indonesia lolos ke Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Kejuaraan Asia U-23.

Kontrak Shin Tae-yong sebenarnya sudah berakhir pada Desember 2023, namun Presiden PSSI Erick Thohir memperpanjangnya untuk sementara hingga berakhirnya Kejuaraan Senior dan Kejuaraan Asia U-23 pada Juni mendatang.

Sebenarnya ada pembicaraan untuk memperpanjang kontrak, dan jika saya keluar sebelum kontrak berakhir maka saya harus membayar denda, namun untuk saat ini saya akan terus menepati janji saya hingga kontrak saya dengan timnas Indonesia berakhir Juni mendatang ( 2024) ) Sebelumnya diberitakan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh (PSSI) Eric Tohir mengumumkan bahwa keputusan perpanjangan kontrak pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong akan dilakukan setelah musim U-24 berakhir.

Kejuaraan Asia ke-23 akan diadakan di Qatar mulai 15 April hingga 3 Mei. Erick Thohir telah menyetujui perpanjangan kontrak dengan Shin Tae-yong, menyusul keberhasilannya membawa timnas Indonesia baik senior maupun U-23 ke turnamen final Piala Asia tahun ini, menjelaskan bahwa hal itu telah disetujui.

BACA JUGA:Zion Suzuki, Kiper Berkulit Hitam Timnas Senior Jepang Jadi Sorotan di Piala Asia 2023

Di level senior, Shin Tae-yong mampu mencapai kesepakatan tersebut dengan membawa timnas senior lolos ke babak 16 besar, sesuatu yang belum pernah bisa diraih Indonesia dalam lima Piala Asia yang mereka ikuti sebelumnya.

Satu untuk lolos ke babak 16 besar timnas senior, dan satu lagi untuk lolos tim U-23. Jadi masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, tapi kita tetap bekerja sama untuk menjaga profesionalisme.

Erick Thohir menegaskan, hasil Piala Asia U-23 akan menjadi faktor terpenting dalam menentukan masa depan Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Masih Punya Harapan dan Peluang Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Begini Skenarionya

Keberhasilan tim di dua level tersebut akan memberikan gambaran lebih utuh mengenai kemampuan dan kontribusi pelatih asal Korea tersebut.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: