Keindahan Dial Bergaya Keramik Pada Seiko Presage Arita Porcelain Limited Edition SPB171

Keindahan Dial Bergaya Keramik Pada Seiko Presage Arita Porcelain Limited Edition SPB171

Jam tangan Seiko Presage Arita Porcelain Dial Limited Edition SPB171 tampil elegan dengan memperlihatkan keindahan dial jam porselen Arita.--dok : sumsek.co

SUMEKS.CO -  Jam tangan Seiko Presage Arita Porcelain Dial Limited Edition SPB171 tampil elegan dengan memperlihatkan keindahan dial jam porselen Arita.

Seiko memang sering menghadirkan rangkaian jam tangan kedalam koleksi Presage, berkolaborasi dengan maestro tradisional Jepang untuk memberikan penghormatan kepada keahlian tradisional Jepang.

Sekali lagi Seiko melanjutkan tema ini dan menghadirkan Presage Arita Porcelain Dial Limited Edition SPB171, kali ini dengan skema warna putih dan biru yang sangat elegan yang disebut Suigetsu.

Tapi sebelum lebih jauh menuju desain dial dan spesifikasi, tidak ada ruginya untuk memahami apa itu porselen Arita? Agar kolektor dapat lebih memahami keindahan pada dial jam ini.

BACA JUGA:Gila dan Spektakuler! Mesin 16 Silinder Buggati Bisa Dipakai Pada Pergelangan Melalui Jam Tangan Jacob&Co

Ulasan akan dimulai dengan menjelaskan apa itu Porselen Arita dan mengapa Seiko memilih untuk menggunakannya pada dial koleksi presage.

Perlu diketahui bahwa Arita adalah kota kecil yang terletak di pulau Kyushu, Jepang.

Menjelang akhir abad ke-16, tanah liat porselen ditemukan di sekitar area tersebut dan mengubah area tersebut menjadi pusat porselen Jepang.

Pada pertengahan abad ke-17, Arita menjadi yang terdepan ketika Jepang mengembangkan dekorasi “enamel” lapisan atas dalam berbagai warna cerah.

BACA JUGA:Jam Tangan Hamilton Pilot Pioneer 2022 Tidak Relevan Secara Historis! Apakah Pesona Vintage-nya Masih Ada?

Selanjutnya produk porselen buatan Arita dihargai di seluruh Jepang karena kualitas seninya yang tinggi.

Hingga akhirnya pada abad ke-19, produk ini diekspor ke seluruh dunia, dikirim melalui laut dari pelabuhan Imari di Arita.

Tapi meskipun porselen juga dibuat di tempat lain di daerah-daerah Jepang, porselen yang dibuat di Arita merupakan produk khas Jepang.

Sehingga menjadi layak jika Seiko akhirnya memilih menggunakan bahan ini untuk dial jam tangan Seiko Presage Arita Porcelain Dial Limited Edition SPB171.

BACA JUGA:Jam Tangan Bergaya Kompresor dari Longines Legend Diver 39mm Hadir Dengan Ukuran Paling Mantap

Seiko pernah meluncurkan seri bertema porselen tapi mereka terus memperluas koleksi bertema Porselen Arita dengan model baru dengan warna yang sedikit berbeda dari versi sebelumnya. 

Edisi pendahulu yaitu versi 2019 memiliki pelat jam porselen putih dengan indeks, track, jarum berwarna hitam dan aksen merah pada posisi jam 12. 

Namun pada jam tangan Referensi SPB171 tahun 2020, Seiko tetap mempertahankan yang terbaik dari pendahulunya sembari menambahkan skema warna putih-biru yang lebih elegan.

Desain Seiko Presage Arita Porcelain Dial Limited Edition SPB171, seperti yang telah dijelaskan tipis-tipis di awal, Seiko ini terinspirasi oleh tradisi Jepang Suigetsu.

BACA JUGA:Memperkenalkan Jam Tangan Petualangan Dari Timex Expedition North Titanium Automatic 41mm

Bisa dilihat dari dial jam porselen putih ini, dengan subdial cekung yang menonjol, juga dihiasi dengan jarum jam dan spidol berwarna biru, sangat kontras dengan latar belakang putih susu dan halus. 

Yang juga baru pada model ini adalah jalur kereta api kecil pada bagian sudut dial, yang dibuat dengan warna perak.

Dial jam porselen Arita ini diproduksi oleh pengrajin ahli Hiroyuki Hashiguchi dan rekan-rekannya di pabrik yang sudah berpengalaman di Arita yang telah membuat porselen sejak tahun 1830.

Jadi dial ini diformulasikan secara khusus untuk menjadi lebih keras dan lebih tahan lama dibandingkan porselen tradisional. 

BACA JUGA:Turun Harga! Jam Tangan Casio G-STEEL GST-B500D-A1, Pas Banget untuk Karyawan Gaji UMR

Misalnya pada cetakan pengecoran yang sangat presisi digunakan untuk menyelesaikan tugas sulit dalam memberikan setiap dial jam dimensi presisi yang diperlukan agar dapat dimasukkan ke dalam jam tangan. 

Sementara pada porselen Arita tradisional, glasir khusus diterapkan untuk menciptakan kilau biru halus yang khas.

Juga terdapat glasir bening dan transparan digunakan pada dial jam tangan ini untuk memperlihatkan putih alami dari bahan porselen. 

Hingga akhirnya teknik ini menciptakan kontras yang tajam dengan jarum jam biru, angka Romawi, dan subdial. Dan untuk melengkapi tampilan ini, strap kulitbuaya juga berwarna biru tua.

BACA JUGA:Grand Seiko 62GS Hi-Beat SBGH317 Hadir dengan Dial Ungu, Eksklusif Hanya di Kota Ginza 2024

Selebihnya, jam tangan ini memiliki spesifikasi yang sama dengan kebanyakan jam tangan Presage.

Jam tangan Seiko Presage Arita Porcelain Dial Limited Edition SPB171 hadir dengan casing baja tahan karat berukuran diameter 40,6 mm dengan permukaan yang disikat dan dipoles.

Jam tangan ini juga ditenagai oleh kaliber otomatis 6R27, dengan frekuensi 4Hz yang menghasilkan cadangan daya hingga 45 jam.

Lebih dari itu, jam tangan ini hadir dengan fitur lebih lengkap seperti menampilkan waktu (HMS) serta tanggal pada pukul 6 dan indikasi cadangan daya pada pukul 9.

BACA JUGA:King Seiko SJE095 Hadir Sangat Indah dengan Desain Bunga Krisan Pada Dial

Pergerakan mesin kaliber 6R27 ini dapat terlihat melalui caseback karena bagian itu telah menerapkan kristal safir yang tembus pandang.

Terakhir, diinformasikan bahwa Seiko Presage Arita Porcelain Dial Limited Edition SPB171 hanya tersedia sebanyak 2.000 unit.

Sudah tersedia di seluruh dunia dari Seiko Boutiques dan mitra ritel Seiko terpilih, mulai Juni 2020. Harganya akan mencapai 2.100 Euro atau setara Rp36 jutaan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: