Kaya Nutrisi! Berikut 6 Manfaat Labu Air Bagi Kesehatan, Salah Satunya Melancarkan Sembelit

 Kaya Nutrisi! Berikut 6 Manfaat Labu Air Bagi Kesehatan, Salah Satunya Melancarkan Sembelit

Labu air merupakan tanaman yang cenderung berbentuk lonjong dengan warna kulit hijau dan daging buah berwarna putih.--dok : sumeks.co

BACA JUGA:Lelah, Lesu dan Lemah di Usia 50 Tahun Plus, Ini 9 Sayuran Terbaik Dikonsumsi

Labu air diyakini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan karena Ekstrak daun, biji, dan daging labu air sudah lama dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit kulit. 

Hal ini dikarenakan karena labi air ternyata memiliki senyawa antimikroba yang cukup kuat.  ekstrak labu air diyakini untuk menangkal bakteri Pseudomonas aeruginosa dan Streptococcus pyogenes. 

Karena dari kedua bakteri ini dapat memicu infeksi kulit yang ditandai dengan rasa gatal, nyeri ruam, hingga kemerahan. 

3. Berpotensi menurunkan risiko kanker

BACA JUGA:Sering Jadi Menu Favorit, Padahal 3 Sayuran Ini Dilarang Digoreng, Bisa Picu Penyakit Mematikan

Ternyata Labu air juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko kanker karena memiliki berbagai kandungan kaya antioksidan di dalamnya.

Labu air juga memiliki kandungan kaya akan quercetin dan anthraquinone. Dan memiliki sifat  antiangiogenesis yang dipercaya dapat mampu mengontrol pertumbuhan kanker.

Senyawa antiangiogenesis dapat memberikan efek untuk menghambat pertumbuhan pembuluh darah hingga membuat jaringan kanker tidak dapat tumbuh dengan optimal.

4. Menurunkan Kolesterol

BACA JUGA:Ini 5 Manfaat Sayuran Pakcoy yang Kaya Nutrisi dan Baik untuk Kesehatan Tubuh

Dilansir dari beberapa sumber, labu air memiliki potensi untuk menurunkan kolesterol.hal ini dikarenakan ekstrak dari labu air manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol total.

Dapat menurunkan trigliserida, dan low-density lipoprotein (LDL). LDL merupakan kolesterol jahat yang dapat memicu pembentukan plak pada pembuluh darah.

5. Mendapatkan Beragam Nutrisi

Manfaat dari labu air ialah tubuh akan mendapatkan beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Labi air merupakan bahan pangan yang rendah akan kalori dengan nutrisi yang beragam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: