Bingung Cari Pinjaman? KUR BRI 2024 Siap Salurkan Anggaran dengan Suku Bunga Rendah dan Syarat Mudah

Bingung Cari Pinjaman? KUR BRI 2024 Siap Salurkan Anggaran dengan Suku Bunga Rendah dan Syarat Mudah

KUR BRI bisa membantu UMKM dalam mengembangkan usaha--

SUMEKS.CO – Mulai sekarang jangan bingung lagi cari modal khususnya untuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah karena PT KUR BRI 2024 akan kembali dibuka dengan suku bunga yang rendah serta syarat yang sangat mudah. 

Program pemerintah tersebut adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR) bisa menjadi pilihan untuk pelaku UMKM dengan menyediakan fasilitas pinjaman modal yang menawarkan subsidi bunga dan proses pengajuan yang mudah. 

Salah satu program yang paling dikenal oleh masyarakat ini akan dibuka kembali tahun 2024 dengan total alokasi yang diberikan oleh pemerintah melalui bank tersebut mencapai Rp165 triliun.

Alokasi tersebut menjadi yang terbesar diantara bank penyalur KUR lainnya.

BACA JUGA:Asal Penuhi Syarat Ini, Calon Debitur Bisa Ajukan Pinjaman Non KUR BCA Tanpa Jaminan Hingga Rp100 Juta

Ada 3 jenis KUR BRI 2024 yang ditawarkan dimana masing-masing diantaranya memiliki suku bunga, syarat dan limit pinjaman maksimal yang berbeda, ini penjelasannya.

Jenis yang pertama adalah KUR Mikro Bank BRI yang dapat diakses oleh pelaku usaha yang sedang menjalankan usaha produktif.

KUR Mikro Bank BRI mempunyai beberapa syarat pengajuan diantaranya selain sedang menjalankan usaha aktif selama minimal 6 bulan, pelaku usaha juga tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit dengan menyiapkan dokumen penting yang berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat izin usaha. 

Selanjutnya ada jenis KUR TKI BRI yang juga bisa dimanfaatkan oleh individu calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan pergi bekerja ke negara penempatan. 

BACA JUGA:Hore KUR Mandiri 2024 Sudah Dibuka, Alokasi Meningkat Hingga 3,46 Persen

Sebelum mengajukan pinjaman calon TKI ini diwajibkan memenuni beberapa dokumen identitas berupa KTP dan Kartu Keluarga, perjanjian kerja dengan pengguna jasa, perjanjian penempatan, paspor, visa, serta persyaratan lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Terakhir ada KUR Kecil yang diberikan kepada pelaku UMKM  yang produktif dimana -persyaratan-persyaratannya mirip dengan KUR Mikro dan harus menjalankan usaha aktif minimal 6 bulan, dan memiliki Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat izin usaha lainnya yang diakui.

Diketahui untuk pinjaman KUR BRI di tahun 2024 ini batas maksimum pinjaman yang diberikan kepada setiap debitur adalah Rp50 juta untuk KUR Mikro Bank BRI, KUR TKI sebesar Rp25 juta dan KUR Kecil senilai Rp50 juta hingga Rp500 juta. 

Nah untuk suku bunga yang ditawarkan pada kedua jenis pinjaman tersebut adalah 6 persen yang efektif per tahun dengan tanpa biaya administrasi dan provisi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: