3 Rekomendasi TV Terbaik untuk Gaming di PS5 Tahun 2024

3 Rekomendasi TV Terbaik untuk Gaming di PS5 Tahun 2024

Ilustrasi--dok : sumsek.co

SUMEKS.CO - Kecanggihan TV khususnya di tahun 2024 ini sangat bisa diandalkan untuk menopang efek visual yang realistis untuk gaming di PS5.

Komponen TV berkualitas sama pentingnya dengan game konsul terbaik untuk pengalaman bermain game yang lebih berkesan dan memuaskan.

Saat memilih TV, khususnya untuk pemakaian gaming pada game konsul di PS5, pembeli harus mempertimbangkan faktor-faktor tertentu untuk membantu mereka mengambil keputusan terbaik. Di bawah ini adalah faktor-faktor penting tersebut:

Resolusi :

BACA JUGA:Tekken 8 Game Paling Ditunggu-tunggu Tahun 2024 di Xbox, Berikut 6 Bocoran Spesifikasinya

Pembeli smart tv untuk kebutuhan game harus mencari fitur dengan resolusi minimal 1080p, fungsinya untuk memastikan gambar tetap tajam dan jernih. 

TV dengan setidaknya resolusi 1080p dapat memastikan game terlihat tajam dan detail, sehingga menciptakan pengalaman bermain game yang lebih menarik dan memukau.

Refresh Rate :

Pembeli harus memperhatikan TV yang hadir dengan refresh rate minimal 60Hz untuk gerakan yang lebih mulus. 

BACA JUGA:Cocok Dimainkan 2024, 10 Game Petualangan PC Terbaik dan Durasi Tamat Terlama!

Kenapa refresh rate itu sedemikian pentingnya untuk game PS5? Yaitu untuk menghasilkan gameplay yang lebih lancar dan smooth.

Input Lag :

Didefinisikan sebagai jeda antara menekan tombol dan melihat aksi di layar, TV dengan input lag yang lebih rendah umumnya lebih baik untuk game yang bergerak cepat. Jadi, pilihlah TV yang menawarkan input lag serendah mungkin.

Berikut rekomendasi TV yang menawarkan pengalaman bermain game yang dapat ditingkatkan ketika sedang bermain PS5:

BACA JUGA:Bertabur Bintang Korea, Ini Sinopsis Drakor Death’s Game yang Paling Dinanti Akhir Tahun 2023

1. Sony X77L TV Ultra HD 4K 43 inci

Smart tv yang direkomendasikan untuk bermain game PS5 harus memiliki resolusi 4K terbaik untuk Gaming di PS5.

Sony X77L memang merupakan salah satu TV yang lumayan mahal, tapi sepadan  untuk merasakan pengalaman bermain game 4K di PS5. 

TV ini juga tersedia dalam berbagai ukuran layar, dengan 43 inci sebagai ukuran minimum dan 85 inci sebagai ukuran maksimum. 

BACA JUGA:Baru Rilis, Main Game Anak SD Bisa Dapat Saldo DANA Gratis Rp217.500 Setip Hari

Prosesor X1-nya membuat konten non-4K terlihat lebih baik daripada aslinya dengan meningkatkannya ke resolusi mendekati 4K. 

Dilengkapi juga dengan fitur PS5 yang eksklusif untuk TV Sony, pemain sudah pasti akan disuguhkan gameplay yang sangat responsif dengan grafis yang luar biasa.  

TV Sony X77L ini adalah pilihan sempurna bagi siapa pun pecinta game konsul yang ingin menikmati game dengan resolusi 4K di PS5.

Perbedaan antara TV HDR dan TV non-HDR adalah TV HDR memungkinkan pemirsa melihat gambar yang lebih realistis, dengan kontras dan warna yang ditingkatkan. 

BACA JUGA: Heboh Sindrom NPC, Tiru Karakter Pemain dalam Game hingga Dikehidupan Nyata, Berbahayakah?

Menggunakan Prosesor X1 4K Sony  X77L menghadirkan kualitas gambar luar biasa di setiap adegan. Prosesor ini juga meningkatkan konten non-4K, menghadirkan film yang awalnya muncul dalam resolusi 1080p dan 1440p ke resolusi mendekati 4K. 

Jadi, apapun yang ditayangkan di TV, akan selalu terlihat luar biasa, bahkan Sony X77L hadir dengan fitur-fitur eksklusif PS5 yang akan mengubah gameplay seseorang secara signifikan. 

Dengan pemetaan Nada HDR Otomatis, HDR TV ditingkatkan agar pemain dapat melihat detail halus di semua adegan permainan. 

Dengan Auto Genre Picture Ode, X77L akan beralih ke Mode Game untuk mengurangi input lag, menghilangkan penundaan dalam game yang mungkin akan merugikan. 

BACA JUGA:Anda Mau Menang Terus dalam Game Mobile Legends, Gunakan Cara ini

Saat waktunya menonton film, TV kembali ke Mode Standar. Dibundel dengan OS Google TV, bahkan pengguna dapat menemukan hingga 700.000 film dan acara TV di berbagai platform streaming. 

Chromecast bawaannya juga memungkinkan untuk mentransmisikan gambar, film, atau lagu dari ponsel ke layar TV.

2. Samsung S90C OLED 55 inci

TV terbaik untuk PS5 selanjutnya adalah Samsung S90C OLED 55 inci, merupakan smart tv termahal pada daftar ini.

BACA JUGA:Pilah Pilih Game yang Menghasilkan Pulsa, Gamers Wajib Tahu

Samsung S90C OLED 55 inci adalah TV berteknologi canggih yang menghadirkan pengalaman bermain game yang luar biasa. 

Game aksi bertempo cepat saja dapat dilibasnya sehingga menghasilkan visual yang terlihat luar biasa berkat waktu respons yang hampir seketika, sehingga hampir tidak ada keburaman atau bayangan yang terlihat di balik objek yang bergerak cepat. 

Input lag-nya juga sangat rendah, sehingga menghasilkan gaming yang super duper responsif. 

TV ini sangat cerah dan penuh warna dalam HDR dan SDR, sehingga game PS5 terlihat bagus, terutama di ruangan gelap. 

BACA JUGA:WOW! Begini Efek Kecanduan Main Game, Remaja Ini Berhalusinasi Main Game Meski Diatas Piring

Berkat port bandwidth HDMI 2.1, TV dapat memanfaatkan sepenuhnya semua yang ditawarkan PS5, termasuk game 4k 120Hz di game yang mendukungnya. 

Dan jika pengguna juga seorang gamer PC, Samsung dapat mencapai 4k 144Hz di semua port HDMI-nya, luar biasa bukan?

3. TCL 43 inci Smart TV

TV yang satu ini adalah pake hemat terbaik dalam daftar ini, namun demikian untuk PS5 TV TCL Q5/Q550G QLED cukup bisa diandalkan.

BACA JUGA:Lima Game Paling Laris di Play Store Awal Tahun 2023, Ternyata Mobile Legends Kalah Cuy, Juaranya?

Ini adalah TV yang sangat bagus untuk bermain game berkat input lag yang rendah dan waktu respons yang baik, sehingga menghasilkan pengalaman bermain game yang responsif dan gerakan yang jernih, dengan sedikit keburaman di balik objek yang bergerak cepat. 

Meskipun memiliki bandwidth HDMI 2.0 di semua port-nya, bersama dengan panel 60Hz, ia dapat menghasilkan output 1080p 120Hz dan 1440p  120Hz dengan resolusi separuhnya, dengan rentang VRR lebar yang sesuai. 

Sulit untuk melihat penurunan kualitas gambar karena resolusinya berkurang setengahnya kecuali pengguna benar-benar mencarinya, jadi ini adalah fitur hebat yang menjadikannya salah satu TV termurah di pasaran dengan kecepatan refresh 120Hz. 

BACA JUGA:Mobile Legends Vs Arena of Valor, Berikut Perbandingan Dua Game Moba Terpopuler

Smart tv ini juga mendukung Dolby Vision pada 60Hz, fitur hebat lainnya untuk model anggarannya yang tidak terlalu luar biasa ketimbang dua smart tv lainnya di daftar ini.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: