Resep Ayam Goreng Kalasan Gurih dan Empuk Kaya Akan Rempah, Ini Rahasia Bumbu Ungkepnya

Resep Ayam Goreng Kalasan Gurih dan Empuk Kaya Akan Rempah, Ini Rahasia Bumbu Ungkepnya

Ayam goreng kalasan khas Yogyakarta, sering disajikan pada acara-acara khusus, misalnya jamuan, perayaan, atau sajian makanan lauk.--dok : sumsek.co

Setelah selesai lalu lumuri daging ayam dengan air perasan jeruk nipis dan garam hal ini dilakukan untuk menghilangkan bau amis. 

Setelah itu diamkan selama beberapa menit lalu cuci kembali hingga bersih. 

BACA JUGA:Pedasnya Bikin Melintir! Ini Resep Tteokbokki, Makanan Pedas Khas Korea yang Wajib Dicoba

Kemudian haluskan bahan bahan nya seperti  bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, serai, dan lengkuas. Setelah selesai semua bahan dihaluskan kemudian masukan ayam kedalam wajan atau kuali, lalu tambahkan bumbu halus yang sudah dihaluskan tadi dan daun salam. 

Setelah itu masak santan dalam panci dan masukkan bersama dengan air kelapa  beserta bumbu halus. Lalu tambahkan garam, gula aren, kaldu jamur, dan lada bubuk, kemudian  aduk hingga merata keseluruhan. 

Selanjutnya koreksi rasa dan tutup wajan, ungken daging ayam tadi menggunakan api sedang, setelah air sudah menyusut itu artinya daging ayam sudah meresep bersama bumbu rempah, kemudian matikan kompor nya. 

Setelah itu angkat ayam, lalu pindah kan kedalam wadah mangkuk atau piring, kemudian panaskan minyak goreng lalu girneh ayam kalasan hingga kering dan matang. 

BACA JUGA:Resep Dorayaki Makanan Khas Jepang yang Legit dan Lumer

Terakhir ayam goreng kalasan siap untuk dinikmati, selamat mencoba.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: