8 Fenomena Alam Spektakuler yang Bakal Terjadi Sepanjang 2024 Ini, Ada Komet Tiga Kali Lebih Besar dari Everes

8 Fenomena Alam Spektakuler yang Bakal Terjadi Sepanjang 2024 Ini, Ada Komet Tiga Kali Lebih Besar dari Everes

8 Fenomena Alam Spektakuler Yang Bakal Terjadi Sepanjang 2024 Ini, Ada Komet Tiga Kali Lebih Besar Dari Everest Loh!--

Tahun ini diperkirakan akan menjadi tahun yang sangat baik bagi Perseid, karena puncak hujan akan bertepatan dengan langit yang gelap tanpa Bulan.

Pengamat di belahan Bumi utara akan lebih jelas menyaksikan hujan meteor ini, karena meteor-meteor tersebut tampaknya memancar dari konstelasi Perseus, yang terletak dekat dengan cakrawala meteor-meteor yang berada di garis lintang paling selatan.

6. September dan Oktober 2023, Komet C/2023 A3 (Tsuchinshan-ATLAS)

Para pemburu komet sedang memantau dengan cermat benda angkasa A3 Tsuchinshan-ATLAS, yang pertama kali terlihat pada bulan Februari 2023. 

BACA JUGA:Tak Ada Lagi Orang Berhaji, Ka'bah Dihancurkan Orang-orang Ini, Tanda Kiamat Sudah Dekat

Kedatangan komet ini diperkirakan akan menjadi pemandangan menakjubkan pada akhir tahun 2024.

Pada awal musim panas, benda tersebut akan terlihat di langit malam, dapat diamati menggunakan teleskop. 

Mendekati bulan September, orbit komet akan membawanya mendekati Matahari dan Bumi untuk pertama kalinya dalam 80 ribu tahun.

Para astronom memperkirakan bahwa bintang tersebut akan menjadi lebih cerah, mungkin terlihat melalui teropong atau bahkan dengan mata telanjang, dan tampak rendah di langit timur sebelum Matahari terbit di garis lintang selatan.

Jika komet tersebut bertahan dalam perjalanannya mengelilingi Matahari, waktu tayang utama bagi pengamat di belahan Bumi utara akan dimulai sekitar tanggal 12 Oktober.

BACA JUGA:Ngeri! Konflik Israel-Palestina Disebut Jadi Tanda Besar Kiamat, Ini Penjelasan Ustad Abdul Somad

Saat komet tersebut naik lebih tinggi ke langit malam setiap malam, komet tersebut secara bertahap akan menjadi lebih terlihat. 

Memprediksi perilaku sebuah komet memang menantang, namun Tsuchinshan-ATLAS, yang masih jauh dari titik terdekatnya dengan Bumi, sudah menunjukkan tanda-tanda akan mempersembahkan pertunjukan mengesankan di langit.

7. 17 September 2024, Saturnus bersanding dengan Bulan

Empat bulan terakhir tahun 2024 akan menampilkan rangkaian keselarasan langit yang sangat indah, saat Bulan dan Saturnus bertemu sebulan sekali, dan terjadi pada tanggal 17 September.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: