21 Pelaku Tawuran di Palembang Tak Kapok, Kapolrestabes: Silakan Ikut Jika Ingin Rasakan Dinginnya Penjara!

21 Pelaku Tawuran di Palembang Tak Kapok, Kapolrestabes: Silakan Ikut Jika Ingin Rasakan Dinginnya Penjara!

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Harryo Sugihhartono saat konferensi pers, Senin 18 Desember 2023 menegaskan bagi remaja dan dewasa yang mau ikut merasakan dinginnya penjara, silakan ikut tawuran. Foto: dokumen/sumeks.co--

"Kalau yang sudah-sudah, itu paling lama tiga bulan, namun semua ini dikembalikan pada hasil assessment serta kesiapan lingkungan dan orang tuanya saat itu," jelasnya diamini Kasat Reskrim, AKBP Haris Dinzah. 

BACA JUGA:Kelompok Barat-Selatan yang Akan Tawuran Skala Besar di Talang Kelapa Digagalkan, Polisi Ringkus 24 Remaja

Bukan hanya itu, aksi tawuran yang terjadi di malam Minggu 16 Desember 2023 tersebut, berawal dari saling ejek dan saling tantang melalui media sosial. 

Selanjutnya kedua kelompok remaja yang didominasi pelajar SMA/SMK sederajat ini, menyepakati pelaksanaan dari tawuran di TKP tersebut. 

Terlebih lagi, aksi tawuran ini akan disiarkan melalui medsos milik setiap kelompok yang tawuran. 

"Hal ini terjadi sangat sepele, hingga kelompok ini sepakat untuk tawuran. Begitu tawuran akan terjadi, anggota kita melintas yang lagi patroli, sehingga puluhan remaja ini kalang kabut berlarian dan yang lain mampu kita amankan,” jelasnya. 

BACA JUGA:Viral, Tawuran Sambil Live Medsos di Prabumulih, Netizen: Belum Tahu Beras Mahal Budak-budak Nih!

“Untuk itu saya ingatkan kepada kedua orangtua untuk peka dengan kondisi dan komunikasi melalui medsos ini. Untuk itu, bagi remaja dan dewasa yang mau ikut merasakan dinginnya penjara, silakan ikut tawuran. Karena pasti akan kita proses hukum yang terutama pelaku yang membawa Sajam," tegas Harryo. 

Mendengar assessment ke anaknya yang membutuhkan waktu selama tiga bulan tersebut, sontak saja orang tua dari pelaku tawuran ini langsung meminta keringanan dan anaknya jangan sampailah terpisah, apalagi sampai satu bulan. 

Bukan hanya itu, tidak sedikit orang tua yang bilang kalau anaknya hanya ikut-ikutan dari teman sepermainannya dan sekolahnya. 

Sehingga pihak keluarga juga tidak tahu, kalau RR ini ternyata keluar untuk tawuran. Bahkan dia juga tidak tahu, celurit itu didapatkannya dari siapa. 

BACA JUGA:Senjata Remaja Tawuran di Palembang Seperti Mau Perang, Pelaku Seolah ‘Ketagihan’ Tak Kapok Terus Mengulang

"Anak saya ini tidak pernah keluar rumah bila tidak ada yang mengajaknya. Jadi yang terkait tawuran ini, saya pastikan anak saya ini diajak saja. Karena ngomongnya waktu keluar cuma mau main dengan teman,” terang dia. 

“Kita tidak tahu, ternyata pergi tawuran. Kalaupun begitu, kami berharap ada kebijakan untuk anak kami ini. Sebab anak kami juga hanya ikut-ikutan saja,” katanya lagi. 

“Kalau memang dibolehkan, nanti kami dari keluarga yang mendidiknya lebih keras dan memastikan setiap media sosial (medsos) dan aktifitas di ponselnya kita pantau," ungkap ibu rumah tangga ini.(afi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: