Anak Kecanduan Gadget! Ini 7 Tips Ampuh untuk Mengatasinya

Anak Kecanduan Gadget! Ini 7  Tips Ampuh untuk Mengatasinya

Ilustrasi--dok : sumeks.co

BACA JUGA:5 Hal Ini Patut Jadi Perhatian Ayah-Bunda agar Liburan Bersama Anak Saat Nataru Lancar

Dan juga bisa melibatkan anak untuk bermain bersama sama di rumah. Misalnya, bermain board game, petak umpet, bernyanyi bersama, membaca buku, membantu ibu memasak dan lain-lain.

Dengan begitu, ini akan ampuh anak jauh dari gadget secara perlahan bisa mengatasi anak kecanduan gadget.

4. Habiskan waktu lebih banyak dengan anak

untuk mengatasi kecanduan anak pada gadget ialah berilah waktu bersama mereka lebih banyak lagi, seperti perhatian dan kasih sayang yang lebih.

BACA JUGA:Atasi Diare Anak Anda dengan Obat Apotek Berikut

5. Jadilah contoh yang baik

Anak-anak cenderung mengikuti apa yang orangtua mereka lakukan dibanding apa yang orang tua mereka katakan. Jadi untuk mengatasi anak kecanduan gadget, perlu menjadi contoh yang baik dengan tidak terus menerus melihat smartphone atau HP. 

dengan tidak menggunakan gadget tersebut saat berada di dekat anak. untuk mengembangkan kebiasaan baik dan sehat, seperti membaca buku, berolahraga, dan lain-lain, agar anak juga bisa mengikuti kebiasaan yang sama.

6. Tetapkan area bebas gadget

BACA JUGA:Dukung Pendidikan Generasi Muda, PT TeL Berikan Beasiswa untuk Anak Karyawan dan Masyarakat Sekitar

Buatlah kebiasaan  tidak menggunakan gadget di tempat-tempat tertentu. Misalnya, di meja makan, di kamar tidur dan di dalam mobil.

Dengan begitu, membatasi penggunaan gadget pada anak sekaligus mengajarkan untuk fokus makan ketika berada di meja makan dan tidur dengan jadwal yang teratur ketika sudah masuk kamar tidur.

7. Alihkan dengan memberikan mainan 

Cara mengatasi anak kecanduan gadget yang terakhir ialah dengan memberikan mainan sesuai usianya. Misalnya mainan yang cocok diberikan ialah mainan blok, puzzle, krayon dan buku gambar, atau permainan profesi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: