Satgas Pangan Mabes Polri Pantau Sejumlah Pasar Tradisional di Palembang

Satgas Pangan Mabes Polri Pantau Sejumlah Pasar Tradisional di Palembang

Satgas Pangan Mabes Polri bersama Ditreskrimsus Polda Sumsel dipimpin Kombes Pol Barly Ramadhani turun ke sejumlah Pasar Tradisional di Palembang. Foto: dokumen/sumeks.co --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Satgas Pangan Mabes Polri bersama Ditreskrimsus Polda Sumsel turun ke sejumlah Pasar Tradisional di Palembang untuk memastikan keamanan bahan pangan dan ketersediaan stok pangan. 

Dipimpin Kombes Pol M Barly Ramadhani SIK MH, tim Satgas Pangan Mabes Polri turut didampingi oleh Biro Ekonomi Pemprov Sumsel dan Kanwil Bulog Sumsel Babel. 

Tim pertama turun ke Pasar Km 5, di sini dilakukan pengecekan terhadap beberapa komoditi pokok. 

Di antaranya, beras, minyak goreng termasuk daging sapi dan ayam potong. Sempat terjadi dialog antara tim Satgas Pangan Mabes Polri dengan pedagang. 

BACA JUGA:Satgas Pangan Ditreskrimsus Polda Sumsel Pantau Beras di Pasar dan Gudang, Jamin Stok Aman hingga Awal 2024

Seperti, dengan Zainur (53), pedagang ayam potong di Pasar Km 5 yang mengaku untuk stok ayam potong mencukupi jalang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 mencukupi. 

"Harga ayam saat ini masih normal kalau paha Rp28 ribu per kilogram. Untuk dada Rp30 ribu per kilogram, stok masih cukup banyak tersedia," aku Zainur. 

Kombes Barly yang juga selaku Ketua Tim Satgas Pangan Mabes Polri untuk wilayah Sumsel menyebut tinjaua kali ini untuk melihat secara langsung stok dan harga kebutuhan pokok jelang Nataru. 

"Tadi dari tinjauan yang dilakukan ke sejumlah pasar tradisional untuk stok aman, harga sembako juga relatif masih terjangkau dan wajar," sebut Kombes Barly yang merupakan mantan Direktur Ditreskrimsus Polda Sumsel ini kepada awak media.

BACA JUGA:Jelang Ramadhan, Satgas Pangan Sidak Pasar

Hal yang serupa juga disampaikan Karo Perekonomian Pemprov Sumsel Hengky Putrawan, yang menyebut untuk stok kebutuhan pangan di sumsel cukup hingga beberapa bulan ke depan jika ada masalah bisa hubungi pemerintah. 

Stok sembako atau kebutuhan pangan khususnya kebutuhan sehari hari terkendali, masyakarat tidak perlu kuatir karena pemerintah telah mengantisifasinya khususnya jelang perayaan hari besar.

Sedangkan Kanwil Bulog Sumsel Babel, M Alexander mengatakan, stok bulog untuk kebutuhan beras khususnya cukup sekitar empat (4) bulan ke depan.

“Bulog juga telah menyiapkan kebutuhan lain seperti gula, minyak dan lainnya termasuk daging jika di butuhkan bulog siap mendistribusikannya termasuk mengadakan pasar murah atau bazar," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: