100 Pasangan di Kabupaten Ogan Ilir Ikuti Itsbat Nikah, Bupati Panca Siapkan Acara Resepsi

100 Pasangan di Kabupaten Ogan Ilir Ikuti Itsbat Nikah, Bupati Panca Siapkan Acara Resepsi

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, meresmikan penyelenggaraan itsbat nikah Pemkab Ogan Ilir yang dipusatkan di Gedung Caram Seguguk Komplek Perkantoran Pemda Lama Indralaya, Selasa, 5 Desember 2023.--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ogan Ilir, menggelar itsbat nikah pada 5-6 Desember 2023.

Kegiatan itsbat nikah yang dipusatkan di Gedung Caram Seguguk Komplek Perkantoran Pemda Lama Indralaya Kabupaten Ogan Ilir ini, diikuti oleh 100 pasangan dari 16 kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir

Itsbat nikah ini dihadiri langsung oleh Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Panca berharap, dengan tercatatnya pernikahan ini, hendaknya memberikan manfaat. 

"Nanti untuk resepsinya kita selenggarakan bersamaan dengan HUT Kabupaten Ogan Ilir ke-20 di bulan depan. Kalau hari ini, itsbat nikah untuk pencatatan terlebih dahulu," ungkapnya kepada awak media. 

BACA JUGA: Wisata Kuliner Bali? 8 Rekomendasi Makanan Halal Khas Bali, yang Wajib Kamu Coba Saat Liburan di Pulau Dewa

Menurut Panca, adanya itsbat nikah ini sekaligus untuk menyosialisasikan kepada masyarakat Ogan Ilir tentang pentingnya pernikahan menurut aturan. Karena, kalau menikah tidak sesuai aturan akan merugikan. 

"Kalau tidak mengikuti itsbat nikah, maka kepengurusan administrasi kependudukan juga akan kesulitan," lanjutnya.

Ke depan, kata Panca, Pemkab Ogan Ilir berencana akan menyelenggarakan kembali itsbat nikah untuk warga di Kabupaten Ogan Ilir. Dengan catatan, ada warga yang ingin mencatatkan pernikahan mereka. 

"Ya tentunya bagi yang memenuhi syarat," tutupnya. 

BACA JUGA: Handphone Terbaru dari Samsung, Galaxy S23FE yang Penuh Inovasi Lengkap dengan Spesifikasi dan Harga!

Terpisah, menurut Kepala Disdukcapil Kabupaten Ogan Ilir, Zaidan Sukarno, itsbat nikah yang diselenggarakan tahun 2023 ini merupakan yang perdana pasca Covid-19. 

"Tiga tahun penyelenggaraan itsbat nikah Kabupaten Ogan Ilir kita tiadakan. Karena kan kita dilanda Covid-19," ungkapnya. 

Untuk peserta itsbat nikah Kabupaten Ogan Ilir, yang paling muda berusia 26 tahun atas nama Jupri dan Bela. Sedangkan, untuk pasangan tertua atas nama pasangan Zamhari dan Aila berusia 72 tahun. 

"Untuk pelaksanaan itsbat nikah Kabupaten Ogan Ilir ini kita bekerjasama dengan Pengadilan Agama Kayuagung, serta Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ogan Ilir," paparnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: