Bermain Ponsel Saat Hujan Bisa Tersambar Petir, Mitos atau Fakta?

Bermain Ponsel Saat Hujan Bisa Tersambar Petir, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Banyak orang menganggap bahwa bermain ponsel atau handphone saat hujan bisa terkena sambaran petir.

Petir terjadi karena awan yang sarat bermuatan listrik negatif, tertarik dengan listrik positif di bumi untuk segera menetralkan muatannya.

 Aliran negatif dari awan ke bumi itulah istilah yang kamu tahu sebagai peristiwa petir.

Opini yang berkembang di masyarakat mengenai bermain ponsel dapat tersambar petir. Nah tetnunya ada juga yang bertanya-tanya apakah pernyataan tersebut mitos atau fakta?

Berdasarkan beberapa sumber berikut penjelasannya :

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Sumatera Selatan Hari Ini Kamis 22 Juni 2023, Waspada Hujan Petir di 4 Wilayah Ini

Pada saat petir menyambar tanah, benda ataupun hal yang lebih tinggi di tempat petir tersebut menyambar yang akan menjadi sasaran.

Lalu jika di sebuah jalanan atau tanah lapang, petir akan menyambar ke arah pohon atau tiang-tiang tinggi yang berada di sekitarnya. Maka harus dihindari berteduh di bawah pohon Ketika hujan apalagi disertai petir.

Melansir dari National Weather Service, disebutkan bahwa menggunakan ponsel Ketika ada hujan mengakibatkan tersambar petir tidak ada hubungannya.

Dikutip dari laman Stanford.edu, ponsel sudah dianggap sebagai perangkat potensial untuk menarik sambaran petir.

BACA JUGA:Hujan Petir di Wilayah Kota Pagaralam, Prakiraan Cuaca Hari Ini Kamis 15 Juni 2023

Padahal sambaran petir akan mengenai suatu objek di atas tanah tergantung pada benda yang paling tinggi.

Namun Ketika hujan deras kamu cendrung akan berteduh didalam ruangan, di bawah Gedung ataupun objek lainnya yang lebih tinggi dan bisa melindungi kamu dari hujan.

Maka sangat kecil kemungkinan kamu akan tersambar petir jika kamu berada di tempat yang aman. Sementara petir lebih memilih objek yang tinggi untuk disambar.

Kemudian mengutip dari Accuweather , menurut spesialis keselamatan petir untuk layanan cuaca nasional, John Jensenius, hal pertama yang harus dipahami adalah bahwa petir mengikuti kabel dan pagar serta hal-hal semacamnya.

BACA JUGA:Sekayu Hujan Petir Dimalam Hari, Prakiraan Cuaca Minggu 4 Juni 2023

Maka ketika sedang turun hujan apalagi disertai petir biasakanlah untuk mencari tempat perlindungan yang aman.

Jangan berlindung di bawah pohon besar dan tinggi ataupun area dan kawasan dengan muatan listrik yang besar, seperti di dekat tiang listrik.

Mengutip dari laman resmi Kominfo yang membahas mengenai salah satu konten YouTube tentang orang yang tersambar petir karena sedang bermain ponsel, menyebutkan bahwa hal tersebut adalah disinformasi.

Menurut laman Kominfo, para ahli mengatakan bahwa pengguna ponsel pintar saat muncul petir sama sekali tidak mempunyai hubungan.

BACA JUGA:Potensi Hujan Petir di Pali, Prakiraan Cuaca Sumatera Selatan Hari Ini Selasa 31 Januari 2023

Sementara itu, spesialis keselamatan kilat di National Weather Service menyebutkan bahwa petir tidak menyambar ponsel pintar.

Namun ada tiga hal yang membuat petir menyambar. Diantaranya lokasi seseorang atau benda di ketinggian, bentuk benda yang runcing, serta bahan isolasi yang dipakai sebuah benda.

Maka, agar tetap aman dari sambaran petir, harus mencari tempat perlindungan yang aman, seperti di dalam rumah.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: