Wow, ISRG Universitas Bina Darma Palembang Kenalkan 3 Aplikasi Aksara Ulu, Ini Fungsinya

Wow, ISRG Universitas Bina Darma Palembang Kenalkan 3 Aplikasi Aksara Ulu, Ini Fungsinya

Intelligent Systems Research Group (ISRG) Universitas Bina Darma Palembang menyelenggarakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Pengenalan dan Penggunaan Aplikasi Aksara Ulu (Kaganga).--

BACA JUGA:Komunikasi Dua Arah Antara Pimpinan dan Anggota, Polda Sumsel Lakukan Ini Setiap Awal Minggu

1. Aplikasi Aksara Ulu berbasis Android yang dilengkapi kemampuan mengenali aksara Ulu dari, foto dan gambar, serta dari tulisan.

Aplikasi ini juga memiliki menu transliterasi Aksara, yang berfungsi mengalihaksarakan aksara Latin ke aksara Ulu. Dan juga memiliki menu Lainnya yaitu berupa Daftar Aksara, Review, Pengaturan dan Informasi Aplikasi.

2. Aplikasi kedua adalah aplikasi Transliterasi Aksara Ulu berbasis Mobile Web dengan URL https://nulisaksaraulu.my.id/ yang berfungsi untuk men-transliterasi-kan huruf Latin ke huruf Aksara Ulu Kaganga. Selain itu juga pada aplikasi ini terdapat menu jenis-jenis huruf aksara ulu.

3. Aplikasi ketiga adalah aplikasi yang bisa membaca aksara ulu dari dokumen gambar bertuliskan aksara Ulu. Aplikasi SmartEngine Aksara Ulu berbasis web ini dapat diakses pada URL https://enggine.nulisaksaraulu.my.id/smart-prediction.

BACA JUGA:Didepak dari Kartu Keluarga, Lolly Bilang : Akhirnya Gue Bisa Keluar dari Keluarga Toxic

Dengan aplikasi cerdas ini pengguna tinggal mengupload dokumen bertuliskan Aksara Ulu, dan aplikasi akan secara otomatis mencoba mengenali tiap karakter-karakter aksara yang ada dalam dokumen. 

Aplikasi cerdas ini dilengkapi kemampuan memisahkan karakter aksara satu persatu dan fasilitas pengaturan posisi bounding box secara dinamis oleh pengguna. Dengan fasilitas ini maka aplikasi bisa mengenali tiap-tiap karakter yang ada dalam gambar.

“Tanggapan positif diberikan oleh peserta FGD yang mewakili dari masing-masing instansi," jelas Ilman Zuhri Yadi, S.Kom., M.M., M.Kom, Anggota tim ISRG..

Mereka sangat antusias sekali serta menyambut baik dengan adanya Aplikasi Aksara Ulu ini yang dapat diakses secara gratis, serta sangat bermanfaat dalam penyampaian kepada masyarakat khususnya kaum generasi muda Sumatera Selatan dalam memahami Aksara Ulu.

BACA JUGA:Siapkan SDM Berkompeten, Kakanwil Kemenkumham Babel Simak Arahan Kepala BPSDM

Apalagi, Aplikasi Aksara Ulu ini berbasis Sistem Cerdas seperti yang disampaikan M. Ervan Marzuki dari Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan dan Imela Guswindari Lubis dari Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan.

Pada kegiatan FGD ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Arsip Provinsi Sumatera Selatan, Perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, perwakilan dari Dinas Perpustakaan Sumatera Selatan, Nuzulur Ramadhona M.Hum. selaku Ketua Komunitas Aksara Ulu Kaganga Sumatera Selatan, serta dari beberapa dosen dilingkungan Universitas Bina Darma.

“Aksara Ulu ini diharapkan bisa menjadi muatan lokal dalam pelajaran di sekolah lingkungan Provinsi Sumatera Selatan, dengan aplikasi yang dikembangkan oleh tim ISRG tentu saja nantinya sangat membantu pihak sekolah dalam menjelaskan kepada siswa,"

"Hal ini senada dengan pendapat budayawan Sumatera Selatan Ahmad Rapanie Igama yang berhalangan hadir akan tetapi memantau dan telah mencoba menggunakan aplikasi yang telah dikembangkan,” tanggapan dari Vinita Citra Karwi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: