Tips Hempas Komedo Membandel di Wajah Cuma dengan 3 Cara Ini

Tips Hempas Komedo Membandel di Wajah Cuma dengan 3 Cara Ini

Komedo merupakan salah satu jenis jerawat kecil yang terbentuk karena sel kulit mati, minyak, dan sebum yang tersumbat dalam pori-pori.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Permasalahan di wajah memang selalu menjadi sebuah masalah besar bahkan bagi beberapa orang hal tersebut bisa jadi titik insecurity.

Selain jerawat, beruntusan dan permasalahan lainnya, keberadaan komedo pada wajah juga menjadi suatu hal yang menyebalkan.

Bintik hitam atau putih ini biasanya seringkali tinggal di beberapa area di hidung, dahi dan dagu yang bisa bikin orang salah fokus (salfok).

Rasanya tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain tetapi fokus lawan bicara ini malah pada komedo di wajah. 

BACA JUGA:Tak Perlu Khawatir Gigi Ompong, Para Ilmuan Sudah Temukan Solusinya, Sebentar Lagi Obatnya Bakal Diluncurkan

Dikutip dari healthline, komedo merupakan salah satu jenis jerawat kecil yang terbentuk karena sel kulit mati, minyak, dan sebum yang tersumbat dalam pori-pori.

Penyebab lainnya dari munculnya komedo ini adalah pengonsumsian produk olahan susu yang tinggi, makan-makanan yang mengandung lemak dan gula juga kondisi sekitar yang terlalu lembab. 

Tapi penting untuk diketahui bahwa sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan di wajah seperti komedo ini.

Upaya yang bisa dilakukan beragam mulai dari cara termudah hingga menggunakan alat-alat yang biasa digunakan di dokter kecantikan.

BACA JUGA:Kopi Arang Viral Banyak Disukai, Amankah Untuk Kesehatan Tubuh? Ini Penjelasannya

Berikut ini SUMEKS.CO akan membagikan tips menghempaskan komedo dengan tipe cara yang mudah untuk bahkan bisa dilakukan di rumah saja.

1. Tea tree oil

Cara pertama adalah dengan menggunakan produk skincare yang mengandung tea tree oil karena manfaat dari kandungan ini sudah tidak bisa diragukan lagi terutama dalam menghilangkan komedo pada wajah.

Tea tree oil dapat membantu kulit dalam mengatasi peradangan serta risiko infeksi yang akan terjadi.

BACA JUGA:Teh Kombucha? Teh Fermentasi Ini Ternyata Miliki 5 Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan

Nah untuk komedo sendiri, tea tree oil akan bertindak sebagai penghempas sebum atau minyak berlebih yang menjadi penyebab utama komedo.

Hal ini karena kandungan dalam bahan ini juga bisa menenangkan kulit wajah dan membuatnya tetap lembab.

2. Charcoal

Selanjutnya adalah dengan menggunakan masker wajah yang mengandung bahan utama charcoal dimana saat ini sudah banyak beredar produk masker dengan kandungan ini.

BACA JUGA:Jangan Dibuang, Ini Beragam Manfaat Makan Udang Bersama Dengan Kulitnya untuk Kesehatan

Banyak produk masker charcoal yang bisa digunakan untuk melenyapkan komedo seperti masker bubuk, clay mask dan masih banyak lagi.

Karena selain bisa mengatasi komedo membandel, charboal mask juga bisa mengatasi  jerawat.

Jenis masker yang paling efektif bisa memilih jenis clay mask yang bisa menghilangkan sebum yang terperangkap di dalam pori-pori kulit serta juga bisa membantu pengangkatan komedo lebih mudah.

Alhasil buktikan setelah pemakaian satu kali masker yang berbahan charcoal ini biasanya sudah menunjukkan perubahan pada kulit wajah.

BACA JUGA: Mulai Malam Ini Coba Minum Air Kelapa Sebelum Tidur dan Buktikan Khasiatnya untuk Tubuh

3. Perhatikan produk skincare yang digunakan

Tips terakhir tentu dengan memilih produk perawatan wajah atau skincare yang memang diformulasikan khusus untuk mengontrol sebum dan menghilangkan masalah komedo.

Nah untuk itu bisa menggunakan skincare dengan beberapa kandungan dalam skincare yang bisa diandalkan seperti azelaic acid, benzoyl-peroxide, glycolic acid. salicylic acid, retinoids, dan juga sulfur.

Kandungan skincare ini bisa membantu dalam mengatasi permasalahan di wajah apalagi jika ditambah dengan rutin mengaplikasikan sunscreen ke wajah.

BACA JUGA:Brokoli Bisa Cegah Penyakit Diabetes dan Kontrol Gula Darah,Benarkah? Ini Fakta dan Penjelasannya

Diketahui bahwa sunscreen merupakan tahap skincare yang paling berpengaruh bahkan bisa disebut puncak skincare sebab kandungan didalamnya juga bisa mengikis lapisan kulit yang membuat lebih mudah terbakar oleh radiasi matahari.

Untuk itu disarankan menggunakn skincare sesuai dengan jenis kebutuhan serta menggunakan produk sunscreen SPF 30 ke atas.

Nah itu dia beberapa tips dalam menghempaskan komedo agar tidak lagi jadi masalah setelah mengetahui cara-cara yang bisa dilakukan dalam mengatasinya dengan cara mencoba dan memulai salah satu langkah di atas.Selamat mencoba!.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: