Kopi Arang Viral Banyak Disukai, Amankah Untuk Kesehatan Tubuh? Ini Penjelasannya

Kopi Arang Viral Banyak Disukai, Amankah Untuk Kesehatan Tubuh? Ini Penjelasannya

Kopi arang minuman alternatif yang sedang tren di masyarakat.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Kopi sudah banyak variasi dan inovasi dalam penyajiannya. Seperti yang saat ini viral, kopi yang disajikan dengan arang menyala yang disebut ‘Kopi Joss’.

Kopi joss jadi minuman kopi yang paling diincar wisatawan, tapi jika melihat penyajiannya seperti itu apakah kopi joss aman atau bisa membahayakan kesehatan?

Bagi yang belum tahu, kopi joss atau kopi arang merupakan racikan kopi khas Yogyakarta berupa kopi hitam yang kemudian dicelup arang api yang menyala.

Nah penamaan 'joss' sendiri diambil dari efek suara ketika arang yang membara dicelupkan ke dalam kopi.

BACA JUGA:Jangan Ngaku Pecinta Kopi Kalau Belum Tau Jenis Olahan dan Perbedaannya

Melihat dari cara penyajiannya yang unik dan menarik perhatian ini tentu membuat banyak orang semakin penasaran dan tertarik mencoba kopi joss.

Mencelupkan arang api menyala ke dalam kopi ini dinilai memberikan kenikmatan tersendiri bagi beberapa orang.

Ternyata arang yang dimasukkan ke dalam kopi ini bukan sembarangan arang. Penjual kopi joss khususnya yang berada di Yogyakarta biasanya memesan arang khusus yang dianggap sudah cukup bersih dan aman untuk dicampurkan dengan kopi.

Tidak hanya itu arang ini juga di klaim membuat kandungan kafein yang ada dalam kopi tersebut akan menurun bahkan bisa membantu mengatasi berbagai macam penyakit layaknya perut kembung dan perut mulas.

BACA JUGA:Apa yang Terjadi Pada Tubuh Jika Minum Kopi Lebih dari Batas Harian? Ini Penjelasannya

Dalam sebuah penelitian kesehatan menyebutkan bahwa arang yang panas memang mampu menurunkan kadar kafein pada kopi dan juga mampu menetralisir racun dan mengikuat polutan pada minuman tersebut.

Dijelaskan pula dalam Tiktok @dr.grand yang menyebutkan tentang kebersihan dan apakah terbebas dari kuman yang banyak diragukan sebagian orang.

“Bersih dari kuman karena arangnya itu merah menyala sehingga bakteri, virus, jamur pasti sudah mati,” ujar dr grand dikutip dalam laman Tiktoknya Sabtu 25 November 2023.

Lebih lanjut dirinya juga menjelaskan bahwa arang ini digunakan dalam dunia medis untuk mengobati keracunan makanan.

BACA JUGA:Waspada! Ini Bahaya Minum Kopi Tanpa Konsumsi Air Putih Terlebih Dahulu

“Arang itu sebenarnya digunakan oleh para dokter-dokter untuk mengobati keracunan makanan misalnya keracunan sianida itu juga penanganan pertamanya diberi arang,” jelasnya.

Terakhir dosis arang ini tambahnya antara 50-100 gram, jika dilihat dari arang yang digunakan dalam kopi joss yang terbilang kecil bahkan tidak langsung dikonsumsi langsung semua arangnya.

Arang yang larut didalam kopi bahkan hanya sekitar beberapa miligram saja jadi kesimpulannya masih dibawah dosis dan terbilang aman mengkonsumsi kopi joss.

BACA JUGA:Orang yang Sering Minum Kopi Berpotensi Jadi Psikopat, Benarkah? Ini Penjelasannya

“Arangnya kan kecil tu dan itu ndak dimakan langsung dan yang larut di kopi hanya beberapa miligram doang jadi masih dibawah dosis jadi gak apa apa nih,” ujarnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: