Jangan Ngaku Pecinta Kopi Kalau Belum Tau Jenis Olahan dan Perbedaannya

Jangan Ngaku Pecinta Kopi Kalau Belum Tau Jenis Olahan dan Perbedaannya

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Kopi merupakan minuman yang umum disukai banyak orang dan termasuk jenis klasik dimana sudah ditemukan sejak ribuan tahun lalu.

Seiring berjalannya waktu minuman hitam pekat satu ini kemudia berkembang dan populer didunia yang bisa dinikmati berbagai kalangan masyarakat.

Selain memiliki rasa yang nikmat, kopi juga banyak dikonsumsi untuk menjadi teman dibeberapa kondisi seperti menemani  belajar atau bekerja supaya tak mengantuk.

Hal ini lantaran kopi mengandung kafein didalamnya dan ternyata kopi juga punya khasiat buat kesehatan tubuh diantaranya, dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler).

BACA JUGA:Terbaru di Palembang, Toko Kopi Karja Baroe Sajikan Konsep Lawas

Perlu diketahui bahwa di Indonesia, produksi kopinya hingga ke mancanegara dimana Indonesia sendiri sudah mampu memproduksi 400 ribu ton kopi/tahunnya.

Bahkan tidak hanya itu sekarang siapapun bisa menikmati olahan kopi diberbagai kedai mulai dari lokal maupun international selerti Janji Jiwa, Stawbucks, Kopi Kenangan, Fore, Kulo dan masih banyak lagi.

Target pasaran juga terbilang bervariasi namun untuk kopi sendiri umumnya banyak dikalamgan kaum muda yang sebenarnya tak paham akan perbedaan dari beberapa olahan jenis kopi.

Nah berikut SUMEKS.CO akan merangkum dan menjelaskan mengenai perbedaan dari kopi Latte dan Cappuccino, lalu Americano, Mocha,  Flat White, dan Piccolo.

BACA JUGA:Selcouth Coffee, Kafe Rooftop yang Lagi Hits di Kota Palembang

Tapi penting untuk diingat bahwa jenis kopi ini berasal dari biji kopi yang diolah menjadi espresso.

Perbedaan yang mendasar adalah terletak pada tata cara pembuatan dan campurannya. Berikut detail perbedaannya:

1. Espresso

Kopi jenis termasuk yang melewati berbagai proses yakni penyeduhan kopi yang menggunakan tekanan tinggi dimana menurut beberapa sumber metode ini dikenalkan di Italia pada abad ke-20.

BACA JUGA:Mitos atau Fakta Perempuan yang Sering Minum Kopi Akan Lebih Cepat Menopause, Ini Kata dr Zainul Akbar

Nah untuk prosesnya adalah biji kopi digiling halus lalu dipadatkan nah dalam dunia kedai kopi atau barista ini disebut sebagi tamping.

Kemudian masuk ke proses selanjutnya kopi akan diseduh dengan tekanan dan suhu yang tinggi dimana akan menghasilkan ekstrak kopi yang begitu kental.

Dalam memesan espresso biasanya beberapa orang mengenal istilah one atau single shot dan double shot.

Single shot artinya dalam satu cangkir berisi sekitar 30 mililiter espreso, sedangkan double shot kira-kira 60-70 mililiter.

BACA JUGA:Merokok Sembari Minum Kopi Bisa Sebabkan Kematian? Cek Faktanya Disini

Namun untuk takaran bubuk kopi untuk single shot lebih kurang 7-9 gram, sedangkan double shot 14-18 gram.
Tapi jangan sampai salah pesan karena untuk kopi jenis espresso ini menggunakan konsentrat kopi alami sehingga sangat pahit dan kuat.

2. Americano

Nah berbeda dengan espresso, americano ini merupakan olahan espresso yang ditambahkan dengan air hangat.

Umumnya perbandingan dalam percampuran espresso dan air hangat sekitar 100ml dan espressonya 50ml jadi untuk rasanya lebih aman dibandingkan dengan espresso.

BACA JUGA:Minum Kopi Saat Perut Kosong Berbahaya untuk Kesehatan, Ini Resikonya

3. Cappucino

Untuk jenis satu ini sudah ada percampuran lain yakni susu dimana kopi dengan susu dipanaskan secara bersamaan hingga menghasilkan foam atau busa.

Perbandingannya adalah sepertiga susu, sepertiga espresso dan sepertiga foam atau busa yang dihasilkan dari pemanasan susu.

Siapapun yang suka menikmati cappucino akan merasakan nikmatnya menyeruput kopi dengan sensaso foam lembut yang terkena bibir.

BACA JUGA:Ini Rahasia Kopi Robusta Khas Pagaralam Memiliki Cita Rasa ‘Strong Bitter’

4. Caffe latte

Mirip dengan Cappucino namun foam yang ada pada cafe latte biasanya lebih sedikit atau lebih tipis.

Biasanya perbandingannya adalah dua pertiga bagian dari gelas yang kemudian diisi dengan espresso dan sisanya susu dengan busa tipis.

Minuman ini termasuk yang sering dipilih karena memang banyak varian dan rasanya terbilang aman bahkan minim pahit.

BACA JUGA:Susah BAB? Coba Minum Kopi Jenis Ini, cuma Agak Berbahaya

5. Mochaccino

Kemudian selanjutnya ada mochaccino yang biasanya memiliki tambahan lain selain espresso dan susu yakni seperti cokelat atau sirup.

Tidak hanya itu saja bahkan tambahan lain dari minuman kopi jenis ini adalah diberi topping krim kocok.

Rasanya terbilang manis pahit yang banyak dipesan oleh orang-orang yang bingung antara coffee atau non coffee.

BACA JUGA:4 Cara Membuat Kopi Espresso Ala Kafe Tanpa Mesin, Super Nikmat dan Tanpa Ampas yang Kental

6. Piccolo

Piccolo adalah jenis kopi yang disajikan dalam cangkir kecil tetapi memiliki rasa yang sangat enak dan nikmat.

Nah biasanya kunci dari rasa piccolo ini adalah kandungan 15- 20 ml ristretto shot yang dikenal sebagai bagian terbaik dari proses ekstraksi Espresso karena teksturnya lembut dan kadar asamnya pun sedikit akibat lamanya proses ekstraksi.

Ristretto ini sama dengan espresso namun saat menyeduhnya digunakan air yang lebih sedikit dibanding espresso jadi mungkin kebayang bagaimana rasanya.

BACA JUGA:Puluhan Penggiat Kopi Serbu Gedung Kesenian Lahat

Siapapun yang mengkonsumsi piccolo akan merasakan rasa kuat Ristretto tetapi masih tetap bisa menikmati rasa legit susu yang terkadang muncul.

Sama dengan espresso, piccolo disajikan dengan gelas yang berukuran kecil meski ada campuran susu. Minuman kopi susu ini biasanya disajikan dalam gelas 85-114ml.

Nah itu dia perbedaan produk olahan kopi yang umumnya ada di kedai kopi, jangan sampai bingung dan salah lagi dengan perbedaannya, semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: