Waspada! Ini Bahaya Minum Kopi Tanpa Konsumsi Air Putih Terlebih Dahulu

Waspada! Ini Bahaya Minum Kopi Tanpa Konsumsi Air Putih Terlebih Dahulu

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Sebelum mengkonsumsi kopi ada baiknya minum air putih terlebih dahulu supaya tubuh terhindar dari bahaya dan lebih memaksimalkan manfaatnya.

Kopi merupakan minuman sejuta umat yang termasuk minuman paling banyak dikonsumsi khususnya di Indonesia.

Dari banyaknya manfaat kopi salah satu alasan banyak orang memilih untuk mengkonsumsi kopi adalah ingin memberikan dorongan energi kepada tubuh sebelum memulai aktivitas.

Selain itu juga kandungan kafein yang ada didalam kopi bisa menghindari rasa kantuk serta dapat memberikan perasaan puas dan juga segar.

BACA JUGA:Minum Kopi Saat Perut Kosong Berbahaya untuk Kesehatan, Ini Resikonya

Namun perlu diketahui bahwa pentingnya minum air putih terlebih dahulu sebelum meneguk segelas kopi tujuannya tak lain agar terhindar dari beberapa gangguan kesehatan dan bahaya yang mengancam tubuh.

Salah satu yang akan terjadi jika tubuh dibiasakan minum air putih sebelum mengkonsumsi kopi adalah dapat melawan dehidrasi dalam tubuh.

Ini akan terjadi karena kopi dapat merangsang ginjal yang akan mengeluarkan natrium dna juga urine dimana akan terjadi jika orang minum kopi di pagi hari setelah tubuh berjam-jam tidak mendapat asupan air putih.

Ini nantinya bisa memicu dehidrasi atau kekurangan cairan karena tubuh akan mengeluarkan natrium bersama air yang akan memicu rasa lelah, sakit kepala, pusing, dan fokus berkurang.

BACA JUGA:Merokok Sembari Minum Kopi Bisa Sebabkan Kematian? Cek Faktanya Disini

Nah dengan mengkonsumsi air putih terlebih dahulu akan terjadi peningkatan metabolisme serta akan mendapat efek kafein yang lebih intens.

Efek lainnya kemungkinan akan terjadi adalah  karena kandungan tanin atau bahan kimia yang dapat mengubah warna dan membentuk lapisan pada gigi. 

Nah untuk itu pentingnya minum air putih 15 menit sebelum mengonsumsi kopi agar lapisan tidak terbentuk dan warna gigi tidak berubah.

Dalam beberapa keadaan ada beberapa penyebab kafein yang membuat seseorang malah gampang merasakan lelah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: