Apa yang Terjadi Pada Tubuh Jika Minum Kopi Lebih dari Batas Harian? Ini Penjelasannya

Apa yang Terjadi Pada Tubuh Jika Minum Kopi Lebih dari Batas Harian? Ini Penjelasannya

Ilustrasi--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - Kopi memang diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bila diminum tidak berlebihan. Salah satunya bisa meningkatkan mood dan konsentrasi seseorang.

Banyak orang yang menyukai minuman hitam satu ini dan rutin mengkonsumsinya setiap hari.

Namun perlu diketahui bahwa mengkonsumsi kopi itu ada batasannya per hari yakni 400 miligram atau setara dengan 4 cangkir per hari.

Nah minum kopi bisa punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu dampak baik yang bisa didapatkan adalah bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, asam urat dan beberapa jenis kanker. 

BACA JUGA:Mitos atau Fakta Perempuan yang Sering Minum Kopi Akan Lebih Cepat Menopause, Ini Kata dr Zainul Akbar

Itu manfaat yang akan didapatkan  jika mengkonsumso kopi dalam batas yang dibutuhkan tubuh. Tapi apakah yang akan terjadi jika dalam satu hari tubuh mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang berlebihan? Simak penjelasan berikut ini :

Jika seseorang mengkonsumsi kopi secara berlebihan hal pertama yang akan diserang adalah lambung. Karena semakin banyak jumlah kafein yang dikonsumsi maka akan menyebabkan berbagai permasalahan dalam tubuh.

Permasalahan tersebut diantaranya bisa menyebabkan iritasi saluran cerna, yang menyebabkan sakit perut dan diare yang meningkatkan risiko GERD (gastroesophageal reflux disease).

Nah bahayanya lagi hal ini akan berarti peningkatan asam lambung di kerongkongan, menyebabkan panas dan terbakar di dada dan tenggorokan dan membuat rasa tidak nyaman dalam perut.

Tak sampai disitu saja namun dengan mengkonsumsi atau minum kopi dalam jumlah berlebihan dalam sehari dapat berpengaruh bersar pada kesehatan jantung.

BACA JUGA:Waspada! Ini Bahaya Minum Kopi Tanpa Konsumsi Air Putih Terlebih Dahulu

Perhatikan bahwa dengan mengkonsumsi kafein dalam jumlah besar dapat menyebabkan jantung berdebar dan merangsang pelepasan hormon adrenalin yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat (hipertensi).

Tak hanya itu saja berbagai gejala bisa saja dialami seseorang seperti gangguan tidur yang semakin menjadi-jadi, kerusakan pada tulang,permasalahan pada gigi dan untuk perempuan bisa saja mengganggu sistem kesuburan dan juga kehamilan.

Ini karena kopi mengandung kafein dan juga tanin yang jika dikonsumsi secara berlebihan maka akan menyebabkan permasalahan serius untuk tubuh dan juga kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: