Teh Kombucha? Teh Fermentasi Ini Ternyata Miliki 5 Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan

Teh Kombucha? Teh Fermentasi Ini Ternyata Miliki 5 Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan

Proses fermentasi teh kombucha yang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan.--dok : sumeksco

SUMEKS.CO – Pernah mendengar atau mencicipi teh kombucha? Teh jenis ini memang terdengar asing namun jangan salah justru menyimpan banyak manfaat besar untuk kesehatan tubuh.

Teh kombucha merupakan teh fermentasi yang berasal dari bahan dasar daun, bunga hingga jamur yang diolah dari larutan teh dengan gula yang kemudian ditambahkan mikroba pemula. 

Mikroba pemula yaitu bakteri Acetobacter xylinum serta beberapa ragi seperti Saccharomyces cerevisiae, Zygosaccharomyces bailii, dan Candida sp.

Nah akibat dari proses fermentasi inilah kemudian teh akan mengandung berbagai jenis zat seperti asetat, folat, asam amino esensial, vitamin B, vitamin C, serta alkohol.

BACA JUGA:Amankah Mengkonsumsi Teh Bagi Wanita yang Sedang Haid? Cek Faktanya Disini

Menurut beberapa sumber, teh ini merupakan teh jamur yang dalam prosesnya memang dibiarkan ‘menjamur’ dulu selama proses pembuatannya.

Perlu diketahui bahwa untuk membuat teh kombucha wakyu yang diperlukan untuk fermentasi teh ini yaitu sekitar 8 – 12 hari pada suhu dingin antara 18 – 2  °Celsius.

Namun dalam lingkungan dengan suhu lebih dingin, fermentasi akan berlangsung lebih cepat yang juga akan memperngaruhi kualitas fisik, kandungan, dan rasa teh.

Dimana 400 ml teh kombucha ini mengandung total energi sebanyak 60 kalori yang bermanfaat sebagai antibakteri, memperbaiki mikroflora pada usus, meningkatkan sistem imun tubuh, serta menurunkan tekanan darah.

BACA JUGA:7 Manfaat Minum Teh Tawar bagi Kesehatan, Diantaranya Bisa Kendalikan Gula Darah

Tidak hanya itu saja namun teh kombucha juga punya kandungan bakteri prebiotik, yang merupakan bakteri baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Berikut ini 5 manfaat teh kombucha untuk kesehatan tubuh :

1. Menjaga metabolisme tubuh

Teh kombucha termasuk salah satu minuman yang rendah kalori itulah sebabnya banyak dijadikan salah satu minuman yang baik untuk mereka yang sedang menjalani proses penurunan badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: